News
Jumat, 29 November 2013 - 15:05 WIB

KURS DOLAR NAIK : Dolar Meroket, Pengrajin Tempe Terancam

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Usaha produksi tempe (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Naiknya nilai tukar dolar terhadap rupiah menjadi Rp12.000 mengancam kelangsungan usaha tempe. Ketua Badan Kerja Sama (BKS) Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Kopti) Soloraya, Sudiro, mengatakan saat ini pengrajin tempe kembali mengalami masa sulit.

“Saat ini pengrajin tempe mulai mengurangi produksi, misalnya dulu dalam sehari produksinya satu kwintal, sekarang hanya 60 kilogram,” kata Sudiro kepada wartawan, Jumat (29/11/2013).

Advertisement

Dia pun mendesak pemerintah untuk segera merealisasikan subsidi untuk menstabilkan harga kedelai melalui Badan Urusan Logistik (Bulog). Dia juga mengeluhkan aksi pemerintah yang lamban dalam perealisasian kebijakan tersebut.

“Dari kemarin [subsidi harga kedelai] hanya wacana. Padahal sudah sering melakukan rapat dan pertemuan hingga Semarang tapi sampai sekarang hasilnya masih nihil,” keluhnya.

Oleh karena itu, dia berharap pemerintah tidak hanya sekedar memberi harapan tanpa ada perealisasian. Dia menuturkan terakhir, harga kedelai sekitar Rp9.000 per kilogram. Dengan adanya kenaikan dolar ini diperkirakan harga kedelai bisa mendapai Rp10.000 per kilogram.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif