Soloraya
Selasa, 26 November 2013 - 09:00 WIB

DANA BHBS : Bupati Ingatkan Penerima Gunakan Bantuan Sesuai Proposal

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, Seno Samodro (Dok/JIBI/Solopos)

Bupati Boyolali, Seno Samodro (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, BOYOLALI –– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali kembali menyalurkan dana bantuan hibah dan bantuan sosial (BHBS) 2013 senilai Rp6 miliar 281 juta yang menyasar pada 1.163 penerima.

Advertisement

Penyaluran dana BHBS kali ini merupakan tahap kelima yang dilaksanakan dengan dua tahap pencairan, Senin-Selasa (25-26/11/2013).

Saat menghadiri pencairan dana BHBS 2013 di Pendapa Kantor Bupati Boyolali di Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Senin, Bupati Boyolali, Seno Samodro, mengingatkan kepada para penerima untuk mempergunakan dana bantuan itu sesuai proposal yang diajukan agar program tepat sasaran.

Selain itu, Bupati juga mengingatkan agar masing-masing penerima setelah memanfaatkan bantuan, segera membuat laporan pertanggungjawabannya (LPj). Sebab diakui Bupati, hingga kini masih banyak penerima bantuan yang sifatnya hibah belum menyampaikan LPj setelah mereka menerima dana bantuan tersebut.

Advertisement

“Justru yang paling banyak bantuan yang nilainya kecil-kecil, Rp1 juta, Rp2 juta. Tapi memang susah. Bahkan sejak saya masih menjabat wakil bupati dulu, sampai saat ini masih ada penerima bantuan hibah yang belum menyampaikan LPj-nya. Sementara untuk bantuan yang nilainya besar-besar, misal Rp100 juta, Rp50 juta malah sudah,” ungkap Bupati, Senin.

Diakui Bupati, persoalan serupa tentang masih banyaknya penerima bantuan hibah yang tidak menyampaikan LPj, juga terjadi di hampir semua wilayah di Indonesia. “Jadi memang bukan hanya persoalan Boyolali, hampir di semua daerah seperti itu. Padahal saya berkali-kali sudah mengingatkan bahkan mengancam agar penerima bantuan itu menyampaikan LPj,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Anggaran Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Boyolali, Purnawan Raharjo, pencairan dana BHBS 2013 tahap kelima itu dilakukan dalam dua tahap. Senin, pencairan dana tersebut untuk penerima bantuan di sepuluh kecamatan di wilayah Boyolali bagian selatan. Sedangkan Selasa, pencairan untuk penerima bantuan di sembilan kecamatan di wilayah Boyolali bagian utara.

Advertisement

“Untuk hari ini ada 760 penerima dana BHBS, sedangkan besok (Selasa) ada 403 penerima, sehingga totalnya ada 1.163 penerima,” ujar Purnawan, didampingi Kasi Pembinaan dan Pengelolaan Bantuan Keuangan Daerah, Nanang Sugiarto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif