Sport
Senin, 25 November 2013 - 11:19 WIB

GP F1 Brasil: Vettel Cetak Rekor, Webber Rayakan Perpisahan dengan Finis di Urutan Kedua

Redaksi Solopos.com  /  Aeranie Nur Hafnie  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap Red Bull, Mark Webber, diusung kru tim saat merayakan kesuksesan finis satu-dua di Grand Prix Formula 1 Brasil di Sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Minggu (24/11/2013). Webber finis di urutan kedua sementara rekan setimnya Sebastian Vettel finis di urutan pertama. JIBI/REUTERS/Nacho Doce

Pembalap Red Bull, Mark Webber, diusung kru tim saat merayakan kesuksesan finis satu-dua di Grand Prix Formula 1 Brasil di Sirkuit
Interlagos, Sao Paulo, Minggu (24/11/2013). Webber finis di urutan kedua sementara rekan setimnya Sebastian Vettel finis di urutan pertama.
JIBI/REUTERS/Nacho Doce

Solopos.com, SAO PAULO – Kejuaraan dunia Formula 1 (F1) 2013 menjadi musim fantastis bagi Sebastian Vettel. Tak hanya merebut gelar juara dunia kali keempat beruntun, dominasi Vettel juga membawanya mencetak sejumlah rekor baru.

Advertisement

Pembalap asal Jerman itu di usia 26 tahun menjadi pembalap termuda yang memenangi empat titel juara dunia F1. Sementara kesuksesan memenangi seri pamungkas musim ini di Grand Prix (GP) Brasil, Minggu (24/11/2013), memastikan Vettel mencetak rekor baru sebagai pembalap pertama yang mengantongi sembilan kemenangan beruntun dalam satu musim kejuaraan.

Satu-satunya pembalap F1 yang mampu memenangi sembilan balapan beruntun adalah Alberto Ascari. Namun catatan itu dibukukan pembalap asal Italia itu dalam dua musim di 1952-1953, di mana saat itu dalam semusim tidak sampai sembilan balapan.

Jagoan tim Red Bull tersebut juga menyamai torehan rekor kompatriotnya Michael Schumacher di 2004 yang mengemas 13 kemenangan dalam semusim. “Teman-teman, saya sangat bangga pada kalian semua. Saya mencintai kalian. Mengingat semua ini, menikmati momen ini. Ya, kita melakukannya. Ini luar biasa,” teriak Vettel melalui radio tim begitu melintas garis finis seperti dilansir Reuters.

Advertisement

Menjadi kampiun di GP Brasil menambahkan koleksi kemenangan Vettel menjadi 39 di sepanjang kariernya di F1. “Saya sebenarnya sedih musim ini berakhir. Pada Paruh kedua musim, memenangi setiap balapan sungguh luar biasa,” kata Vettel.

Saat Vettel merayakan kemenangannya, rekan setimnya Mark Webber menandai perpisahannya dari F1 dengan finis di urutan kedua. Ini menjadi balapan terakhir bagi pembalap Australia itu sebelum tahun depan turun di kejuaraan balap mobil Le Mans bersama Porsche.

Dalam balapan terakhirnya ini Webber begitu menikmati momen terakhirnya di lintasan F1. Webber melepas helmnya dan memperlambat laju jet daratnya dan merasakan angin menerpa rambutnya, membiarkan penonton melihat wajahnya.

Advertisement

“Menyenangkan melepaskan helm, melihat para penjaga lintasan, melihat fans, ini merupakan pengalaman yang benar-benar menyenangkan bagi saya. Saya mendengarkan kegaduhan mereka, saya tidak mendengar dengan normal ketika saya mengenakan helm,” kata Webber.

Sementara pembalap Ferrari, Fernando Alonso, yang menjadi runner-up pembalap di musim ini finis di urutan ketiga di Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace atau terkenal dengan sebutan Interlagos.

Adapun juara dunia 2009, Jenson Button, menyelamatkan muka McLaren dari musim terburuk mereka sejak melakukan debut di 1966 dengan finis di urutan keempat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif