Soloraya
Minggu, 24 November 2013 - 14:15 WIB

SERANGAN KERA : Sukarelawan Batu Seribu Tanam Ratusan Pohon

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kera liar(Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi kera liar di pemukiman warga (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO — Puluhan Sukarelawan Batu Seribu, Sukoharjo, melakukan aksi penanaman pohon di Pegunungan Kedungsono dan Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Minggu (24/11/2013) pagi.

Advertisement

Kegiatan yang dilakukan bersama personel TNI dan Polri tersebut untuk menanggulangi bahaya laten kera liar yang kerap menyerang permukiman warga, beberapa bulan terakhir. Selain itu, aksi penanaman pohon untuk mencegah erosi di kawasan tersebut. Aksi penanaman pohon di Pegunungan Kedungsono dan sekitarnya akan dilanjutkan selama beberapa waktu ke depan.

Komandan Sukarelawan Batu Seribu, Lhesus Triyanto, kepada wartawan, mengatakan, aksi Minggu pagi baru sebatas gebrakan awal. Pada hari itu, pihaknya menanam sekitar 300 benih pohon moda baik jenis tanaman keras maupun aneka pohon buah. Ratusan benih pohon tersebut merupakan bantuan dari Koramil dan Polsek Kecamatan Bulu, serta hasil swadaya para sukarelawan dan masyarakat. Contohnya seperti pohon jambu monyet, jambu air, mangga, talok dan pokak. ”Target kami  satu juta pohon,” katanya.

Lhesus mengakui, aksi penanaman pohon tidak bisa dilihat hasilnya dalam hitungan hari atau bulan. Namun untuk jangka panjang, menurut dia, langkah tersebut akan mampu menekan aksi serangan kera liar yang kerap terjadi di Desa Kedungsono dan Gentan. Gerakan penanaman pohon di Pegunungan Kedungsono oleh Sukarelawan Batu Seribu diharapkan dapat menarik perhatian dari lembaga dan organisasi lain. Sehingga gerakan tersebut akan terus dilakukan bersama-sama selama beberapa bulan ke depan.

Advertisement

”Pohon-pohon ini nanti sangat penting dalam menjaga kelestarian alam. Di samping itu, sangat penting untuk ketersediaan makanan bagi satwa liar gunung seperti sekawanan kera,” urainya.

Dia berjanji, aksi penanaman pohon akan dilakukan di dataran tinggi lainnya. Lhesus mengungkapkan, sebelumnya Sukarelawan Batu Seribu juga melakukan upaya pengusiran kera liar di Gentan dan Kedungsono, menggunakan senjata rakitan yang diberi nama bazoka. Senjata tersebut bukan untuk membunuh melainkan mengusir kera.

Kepala Desa (Kades) Gentan, Kardoyo, menyambut baik inisiatif Sukarelawan Batu Seribu melakukan aksi penanaman pohon. Dia berharap aksi serupa bisa terus dilakukan oleh lembaga atau organisasi masyarakat lainnya. ”Kegiatan ini bagus sekali,” katanya

Advertisement

Pernyataan senada disampaikan warga Desa Kedungsono, Wagiyo, 56, yang menilai serangan kera kerap terjadi tujuh tahun terakhir. Menurut dia, serangan kera mengganas lantaran pepohonan di Pegunungan Kedungsono ditebangi.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif