Sport
Minggu, 24 November 2013 - 11:45 WIB

PREDIKSI MANCHESTER CITY VS TOTTENHAM HOTSPUR : The Citizens Bermodalkan Rekor Kandang

Redaksi Solopos.com  /  Hanifah Kusumastuti  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MANCHESTER — Grafik penampilan Manchester City dalam 11 laga di Liga Premier musim ini tak ubahnya seperti roller coaster. Tiba-tiba melejit dengan kemenangan telak, namun mendadak terjun bebas dengan kekalahan dramatis.

Advertisement

Tim besutan Manuel Pellegrini mendapat acungan jempol ketika melumat Manchester United dengan skor telak 4-1 di Stadion Etihad, pada Derby Manchester pada pekan kelima. Tapi hasil kontras pun dialami The Citizens, julukan City, dalam dua pertandingan terakhir.

Setelah tampil perkasa menghancurkan Norwich 7-0, Sergio Aguero dkk. dipermalukan tim juru kunci Sunderland dengan skor tipis 0-1, dua pekan lalu. Alhasil, alih-alih menyodok ke zona Big Four, City hanya mampu berkutat di berperingkat kedelapan klasemen sementara dengan meraup 19 poin.

The Citizens pun bertekad kembali ke jalur kemenangan ketika menjamu Tottenham Hotspur di Etihad, Manchester, Minggu (24/11/2013) pukul 20.30 WIB (disiarkan langsung Bein Sport 3). Namun, target untuk kembali ke performa konsisten itu sepertinya tidak akan berjalan mulus. Spurs juga tengah berusaha membidik kebangkitan setelah takluk 0-1 dari Newcastle United di pertandingan terakhir mereka.

Advertisement

City lebih diuntungkan karena bakal bermain di hadapan publik mereka sendiri. Manchester Biru memegang rekor kandang yang gemilang. Di Liga Premier musim ini, City tak pernah membiarkan tamu-tamu mereka membawa pulang sebiji poin pun dari Etihad.

City menyapu lima laga kandang dengan kemenangan, plus memproduksi hingga 20 gol. Bahkan apabila ditarik lebih ke belakang lagi, The Citizens tak terkalahkan 36 kali dalam 38 laga kandang terakhir mereka di Liga Premier.

 “Ini laga yang berat. Saya pikir mereka tim yang sangat bagus. Mereka punya pemain-pemain bagus dan bermain dengan cara yang bagus. Jika kami ingin melanjutkan kemenangan kandang, kami harus menunjukkan permainan yang sangat bagus,” terang Pellegrini, dilansir Soccerway.

Tuan rumah tidak akan diperkuat dua bintangnya, Vincent Kompany dan David Silva, yang cedera. Hal serupa dialami Stevan Jovetic. Sedangkan Tottenham tidak bisa menurunkan Christian Eriksen dan Danny Rose karena keduanya dibebat cedera engkel.

Advertisement

Pelatih Tottenham, Andre Villas-Boas, mulai berpikir mengubah taktik permainan dengan beralih menggunakan format 4-4-2. Villas-Boas ingin menambah produktivitas gol timnya yang seret di musim ini. Spurs baru mengoleksi sembilan gol dalam 11 laga, cuma unggul tiga gol dari tim juru kunci Crystal Palace.

Dengan formasi itu, mantan pelatih Chelsea itu mengisyaratkan akan menurunkan Emmanuel Adebayor, yang tidak bermain belum pernah bermain di musim ini. Mantan striker Arsenal itu bisa diduetkan dengan striker utama mereka musim ini, Roberto Soldado.

Namun di sisi lain, Villas-Boas sepertinya masih ragu mengganti formula lamanya 4-2-3-1. Sebab, dengan skema itu pertahanan Spurs terlihat sangat tangguh dan baru kebobolan enam gol dalam 11 laga.

“Tidak untuk sekarang [mengubah format dari 4-2-3-1 ke 4-4-2]. Kami berlatih dengan formasi 4-4-2 selama jeda internasional, kami terapkan ketika melawan tim lokal Jumat [22/11] lalu. Kami mungkin akan pindah ke formasi itu untuk masa depan nanti,” lanjut Villas-Boas, dikutip Daily Mail.

Advertisement

“Kami sangat konsisten di pertahanan dan serangan, tidak untuk produktivitas gol, namun dalam kesempatan mengkreasi peluang dengan sistem 4-2-3-1,” terangnya.

 Prakiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-2-3-1) Pelatih Manuel Pellegrini

Pantilimon; Zabaleta, Nastasic, Demichelis, Clichy; Fernandinho, Toure; Miler, Aguero, Nasri; Negredo

Advertisement

Cadangan: Pantilimon, Richards, Lescott, Boyata, Clichy, Kolarov, Navas, Rodwell, Garcia, Dzeko.

Tottenham Hotspur (4-2-3-1)

Lloris; Walker, Dawson, Chirices, Vertonghen; Paulinho, Sandro; Towsens, Holtby, Lennon; Soldado

Cadangan: Friedel, Gomes, Naughton, Vertonghen, Chiriches, Kaboul, Fryers, Capoue, Dembele, Lamela, Chadli, Sigurdsson, Holtby, Adebayor, Kane, Defoe.

Lima Pertemuan Terakhir

21/04/2013      Liga Premier    Tottenham Hotspur     3 – 1    Manchester City

Advertisement

11/11/2012      Liga Premier    Manchester City          2 – 1    Tottenham Hotspur

22/01/2012      Liga Premier    Manchester City          3 – 2    Tottenham Hotspur

28/08/2011      Liga Premier    Tottenham Hotspur     1 – 5    Manchester City         

11/05/2011      Liga Premier    Manchester City          1 – 0    Tottenham Hotspur

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif