News
Sabtu, 23 November 2013 - 23:03 WIB

KISAH UNIK : Tipu Pembeli, Burung Dipasangi Alat, Rp2 Juta Didapat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Solopos.com, BANTEN — Banyak ragam cara dilakukan oleh pejahat untuk menipu,. Aksi penipuan kali ini tergolong kisah unik. Tak kehabisan akal, “suara merdu” burung dijadikan alat untuk meraup hingga jutaan rupiah.

Harga burung yang sebenarnya tak memiliki suara merdu bisa laku terjual Rp2 juta per ekor. Komplotan penipu dengan modus menjual burung yang dibantu alat pembuat suara sehingga terdengar merdu  ditangkap Reskrim Polsek Batu Ceper, Kota Tangerang, Banten, Jumat (22/11/2013).

Advertisement

Kapolsek Batu Ceper, Kompol Krismi di Tangerang, Jumat, mengatakan, pelaku berjumlah dua orang tersebut yakni Asrobah, 53 tahun, warga Inkopat, Bogor dan Agus Salam, 42 tahun, warga Kampung Pulu, Jakarta Timur.

“Pelaku sebenarnya ada tiga orang. Namun satu orang mampu kabur,” katanya.

Modus yang digunakan pelaku dalam melakukan penipuan, lanjut Kompol Krismi, yakni dengan menjual burung ayam – ayaman yang telah dipasangi alat agar suaranya tedengar bagus. Burung tersebut oleh pelaku dijual dengan harga Rp2 juta.

Advertisement

Pelaku biasanya mengincar calon pembeli yang sedang melintas di jalanan atau turun dari kendaraan angkutan umum.

Dengan berbagai cara dan kelihaian komunikasi, pelaku menipu calon pembelinya. “Pelaku dikenakan pasal 378 yakni tentang penipuan,” ujarnya.

Sementara itu, pelaku mengaku jika alat pegecoh suara burung itu dibuatnya dengan sendiri yakni menggunakan tutup botol.

Advertisement

“Kami mainkan melalui mulut sehingga seakan – akan itu dari suara burung asli,” ujar Asrobah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif