News
Sabtu, 23 November 2013 - 01:17 WIB

Diduga Diretas, Laman KPU Jateng Tak Bisa Diakses

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi situs web resmi KPU Jateng (kpu-jatengprov.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Laman resmi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah yang beralamat di www.kpu-jatengprov.go.id diduga diretas orang yang tidak bertanggung jawab. Situs web itu tidak bisa diakses masyarakat yang membutuhkan berbagai informasi pemilu yang tersedia di laman itu.

“Berdasarkan informasi dari sekretariat, kami sampaikan bahwa situs KPU Jateng diretas dan hal itu diindikasikan ada peretas yang masuk,” ungkap anggota Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Hubungan Antarlembaga KPU Jateng Wahyu Setiawan di Kota Semarang, Jumat (22/11/2013).

Advertisement

Ia menjelaskan, peretasan situs resmi KPU Jateng itu tidak menyebabkan data-data tentang berbagai pemilihan umum menjadi hilang. “Pengertian hilang bukan hilang secara fisik tetapi apa yang ditampilkan di situs resmi KPU Jateng tidak bisa diakses,” terang mantan Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara itu.

Menurut dia, semua data seperti daftar calon sementara, pilkada di Jateng, Pemilu 2004, dan Pemilu 2009, serta Pilgub Jateng 2013 masih ada di database KPU Jateng. “Pada hakikatnya, back up data dan dokumen-dokumen terkait dengan pemilu serta pilkada masih tersimpan dengan baik,” tegas dia.

Terkait dengan peretasan situs KPU Jateng, kata Wahyu, pihaknya akan segera memperbaiki dan menampilkan kembali data-data pemilu maupun pilkada yang dibutuhkan masyarakat. “Sekarang dalam proses perbaikan, data-data akan kami upload lagi dan mulai dari awal,” ujar Wahyu.

Advertisement

Berdasarkan penelusuran pada situs www.kpu-jatengprov.go.id, seluruh menu pada halaman utama situs resmi KPU Jateng itu tidak bisa diakses satu per satu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif