Mahasiswa UGM Ikuti Lomba di Jepang

Rabu, 20/11/2013
Mahasiswa UGM yang ikut lomb di Jepang. (Istimewa)Mahasiswa UGM yang ikut lomb di Jepang. (Istimewa)

Harianjogja.com, JOGJA-Perjalanan panjang menuju Osaka sepertinya menjadi pelajaran tersendiri bagi enam mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), yaitu Chandra Pradhitaningrum, R. Aditya Aryandi Setiawibawa, Moh. Faza Rosyada, Muhammad Fikru Rizal, Abrory Agus Cahya Pramana, dan Dini Zahrotul Diniyah, yang baru saja menghadiri The 2nd International Conference on Life Science and Biological Engineering 2013. Acara yang diselenggarakan oleh Higher Education Forum (HEF) di Rihga Royal Hotel Osaka, Jepang tersebut berlangsung tanggal 7-9 November 2013.

Menurut Abrory, Higher Education Forum merupakan forum internasional yang bergerak dalam pembangunan berkelanjutan khususnya di bidang penelitian dan pengembangan sains, teknologi dan aplikasi sains di dalamnya, di bidang lingkungan, budaya, ekonomi dan sosial.

“Sampai saat ini setidaknya HEF telah memiliki anggota kurang lebih 3.500 orang yang tersebar dari Asia hingga Eropa bahkan Amerika dengan berbagai latar belakang pendidikan, yaitu akademisi, praktisi, pemerintah, ilmuwan, dan konsultan,” kata Abrory dalam rilisnya, Selasa (19/11/2013).

Sebanyak kurang lebih 63 paper telah dipresentasikan dalam oral presentation dan 73 poster ditampilkan dalam poster session yang dilakukan dalam konferensi tersebut yang dilaksanakan selama tiga hari. Peserta yang hadir dalam kegiatan tidak hanya mahasiswa strata S1, melainkan umumnya diikuti oleh para profesor ataupun associate professor dari berbagai universitas di dunia yang ingin mempresentasikan bahkan mempublikasikan hasil penelitian yang tengah dikerjakan atau bahkan sudah dilaksanakan dan diperoleh hasil capaiannya.

Dalam kesempatan ini empat mahasiwa UGM mempresentasikan empat penelitiannya pada oral session, satu di poster session, dan satu lagi sebagai session chair yang memandu jalannya Oral Session Life Science VIII.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Fakultas Biologi, Budi Setiadi Daryono menyampaikan dukungan penuhnya kepada mahasiswa dalam mengikuti acara-acara bertaraf internasional.Forum seminar internasional merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mempresentasikan hasil-hasil risetnya sekaligus menambah wawasan, pengalaman, dan networking bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa Indonesia.

“Kami mendukung kegiatan-kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh mahasiswa baik di kancah nasional maupun internasional,” papar Budi.