Lifestyle
Selasa, 19 November 2013 - 16:53 WIB

Wah! Ada Lemon Berbentuk Hati di Jepang

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto Lemon bentuk hati. (rocketnews24)

Harianjogja.com, TOKYO-Orang Jepang terkenal akan kreativitasnya. Buah semangka saja dibuat menjadi bentuk hati dan kotak, padahal tak ada yang berbeda dengan rasanya. Kini, giliran si kecut segar lemon yang diubah jadi bentuk hati.

Hiroshima dikenal sebagai produsen lemon terbaik di Jepang. Di prefektur ini, terdapat Mihara Citrus Fruit Company yang menghasilkan lemon berbentuk hati. Caranya adalah dengan menempatkan buah tersebut di cetakan berbentuk V saat masih muda.

Advertisement

Saat lemon berkembang, sebuah silinder diletakkan di atasnya. Jika sukses, penampang lemon jadi berbentuk hati. Sayangnya, hanya 50% lemon yang tampil sempurna. Sisanya tak menarik perhatian pembeli.

Untuk mengatasi masalah ini, peneliti Hiroshima Prefectural Technology Research Institute mengembangkan cetakan mirip pipa paralon namun berbentuk hati. Para petani mulai memakainya Juli lalu dan melaporkan tingkat kesuksesannya lebih dari 80%.

Pemasangan cetakan inipun hanya memakan waktu 1/4 dari metode lama. Selain itu, bentuk lemon jadi lebih seragam, sehingga area yang bisa diiris menjadi bentuk hati lebih luas dari sebelumnya.

Advertisement

Sebenarnya rasa lemon bentuk hati sama saja dengan lemon biasa, namun tampilan uniknya membuat lemon ini diminati untuk tradisi bertukar kado. Buah tersebut juga membuat secangkir teh lemon terlihat lebih cantik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif