Otomotif
Selasa, 19 November 2013 - 06:33 WIB

MOBIL HEMAT ENERGI : Samudra II UNS Juga Raih Best Design

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tim Bengawan UNS bersama dosen pembimbingnya, Dominicus Danardono, Ph.d, menunjukan Samudra II beserta medali dan piala dari IEMC 2013 di depan Gedung Rektorat UNS, Senin (18/11/2013). (Himawan A/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO –Samudra II, mobil hemat energi karya Tim Bengawan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil menjadi runner up kelas urban gasoline di ajang Indonesia Energi Marathon Challenge (IEMC 2013).

Manajer Tim Bengawan, Royan Romadhon, Senin (18/11/2013), mengatakan selain  menjadi runner up, Samudra II juga menjadi nominasi enam besar best design dan best team.

Advertisement

Sementara itu anggota lain tim Bengawan, Wendi Nopi H,  pengembangan selanjutnya tim bengawan akan membuat mobil yang lebih ringan dan menargetkan jarak tempuh lebih jauh. “Kalau 120 Kg saja sudah berat, apalagi yang 160 Kg. Target jarak tempuh 200 Km/liter,” terangnya.

Wendi juga menjelaskan Samudra II pada Februari 2014 juga akan mengikuti Shell Eco-Marathon Asia di Manila, Filipina. Tim bengawan, lanjut dia, sudah lolos kualifikasi dan memiliki tiket untuk berkompetisi di Filipina. “Ada 150 tim se-Asia, untuk Indonesia ada sekitar 20-an tim,” terangnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Tim Bengawan, Dominicus Danardono, Ph.d, mengatakan pengembangan generasi selanjutnya mobil rancangan UNS ini akan dibuat dengan fiber yang lebih tipis dan rangka yang lebih ringan.

Advertisement

“Ke depan bodi akan dibuat dengan fiberglas yang tipis tetapi kuat, rangka dirancang ulang secara komputerisasi agar tetap kuat tetapi ringan. Mobil konsep city car ini memang bukan untuk dibikin massal tetapi golnya untuk riset,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif