News
Senin, 18 November 2013 - 02:16 WIB

Hari Ini Buruh Mulai Mogok

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden KSPI Said Iqbal (JIBI/Solopos/Antara/Ujang Zaelani)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menegaskan mulai Senin (18/11/2013) ini buruh akan mogok kerja. Dia menjamin jumlah buruh yang bakal mogok itu lebih besar dari aksi-aksi sebelumnya.

Aksi itu, menurut Said Iqbal bukan hanya akan digelar di Jakarta melainkan di daerah-daerah. Buruh, menurut dia menuntut kenaikan upah minimum.

Advertisement

Dalam keterangan yang diterima redaksi media massa di Jakarta, Minggu (17/11/2013), mogok kerja di tiap daerah itu akan diikuti seluruh buruh sehingga ribuan pabrik bakal setop produksi. Diakuinya pula bahwa Jakarta bakal menjadi lokasi sentral mogok kerja massal itu. Aksi di Jakarta, menurut dia bakal diiringi aksi massal di depan Gedung DPRD DKI.

“Puncaknya sekitar 25-26 November seluruh pabrik di kawasan industri di DKI setop produksi dan puluhan ribu buruh menuju Balaikota Jakarta mendesak Gubernur Jokowi merevisi nilai UMP DKI Jakarta sekitar Rp3 jutaan,” kata Iqbal. Angka itu, menurut dia berbasis kebutuhan hidup layak (KHL) di DKI Jakarta yang nilainya Rp2.767.320.

Mogok kerja dan berdemonstrasi di kantor bupati atau walikota masing-masing, klaimnya, akan diikuti buruh lakukan Bogor, Bandung, Purwakarta, Bekasi, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Surabaya, Batam, dan daerah lain. Said Iqbal sebagaimana diberitakan sebelumnya ketahuan berniat politik demi kepentingan tahun politik 2014 menndatang.

Advertisement

“Kami menguji Jokowi karena dia sebagai calon presiden terkuat menurut survei. Enak saja mau jadi presiden, tetapi tidak diuji. Jangan ngurusi topeng monyet aja,” katanya suatu kali.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif