Lifestyle
Sabtu, 16 November 2013 - 18:10 WIB

Suka Jus Semangka? Simak Manfaat Besarnya Berikut Ini!

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Harianjogja.com, JAKARTA-Buah semangka yang menyegarkan, cocok dikonsumsi saat musim panas karena buah ini mampu mempertahankan kadar air dalam tubuh. Tapi ternyata, semangka memiliki manfaat yang lebih dari itu. Dikutip dari Mag for Women, berikut ini beberapa manfaat jus semangka yang baik untuk kesehatan.

1. Rendah kalori
Jika Anda terbiasa ngemil di antara waktu makan, ataupun memakan junk food saat lembur, gantilah makanan tersebut dengan jus semangka tanpa gula. Minuman ini sangat rendah kalori. Kadar air yang tinggi namun rendah lemak dan kolesterol mampu mengenyangkan perut Anda.

Advertisement

2. Meredakan nyeri otot dan kelelahan
Sebuah studi menyatakan bahwa jus semangka mampu meredakan nyeri setelah berolahraga. Jus semangka juga dipercaya mampu menormalkan detak jantung setelah berolahraga serta mengurangi lelah otot. Jika dikonsumsi sebelum berolahraga, jus tersebut diklaim dapat melancarkan sirkulasi dalam pembuluh darah karena mengandung asam amino L-cittruline. L-cittruline pada semangka, dapat diserap lebih cepat oleh tubuh dibanding L-cittruline yang berasal dari suplemen.

3. Kaya akan vitamin dan mineral
Sama seperti buah lainnya, semangka juga kaya akan vitamin dan mineral. Semangka mengandung vitamin A, B, C, potasium, zat besi, kalsium, magnesium, zinc, antioksidan dan nutrisi lainnya. Minum segelas jus semangka saat sarapan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda.

4. Bagus untuk penderita penyakit jantung
Jika Anda menderita penyakit jantung atau ingin menyehatkan sistem cardiovascular Anda, konsumsilah lebih banyak jus semangka. Semangka mengandung antioksidan yang bernama lycopene, yang mengurangi peradangan pembuluh darah penyebab stroke. Lycopene juga mampu mengurangi tekanan darah tinggi dan diabetes, yang seringkali menjadi penyebab serangan jantung.

Advertisement

5. Mencegah kanker
Walaupun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa semangka dapat mencegah kanker, para ahli tetap merekomendasikan untuk mengonsumsi semangka sebanyak mungkin karena buah ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Jus semangka diyakini mampu mencegah beberapa kanker seperti kanker prostat dan usus.

6. Meningkatkan energi
Beberapa ahli merekomendasikan untuk meminum jus semangka di pagi hari untuk meningkatkan energi. Gula alami dan kadar air tinggi yang terdapat pada buah semangka sangat diperlukan tubuh untuk menjalani aktivitas seharian. Jika Anda terburu-buru dan tidak sempat sarapan, minum segelas jus semangka dapat memenuhi kebutuhan energi Anda.

7. Menguatkan tulang
Semangka diyakini dapat mencegah beberapa penyakit tulang termasuk arthritis karena buah ini mengandung kalsium yang menguatkan struktur dasar tulang Anda.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif