Soloraya
Jumat, 15 November 2013 - 01:30 WIB

PILKADES WONOGIRI : 2 Calon Kades Malah Lebih Rawan!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - AKBP Tanti Septiyani, Kapolres Wonogiri (JIBI/SOLOPOS/dok)

Solopos.com, WONOGIRI–Kapolres Wonogiri, AKBP Tanti Septiyani menegaskan, keberadaan dua calon kepala desa saat bertarung di pemilihan kepala desa (pilkades) lebih rawan dibanding jumlah calon tiga atau lebih. Walau demikian, polisi tetap menempatkan personel pengamanan sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Pasukan cadangan juga disiagakan. Pasukan itu bertugas mem-back up kejadian di daerah yang di nilai rawan. Penegasan Kapolres disampaikan, Kamis (14/11/2013).

Advertisement

“Guna pengamanan pilkades 19 November nanti telah disiapkan sebanyak 160-an anggota. Personel disebar di sembilan kecamatan yang menggelar pilkades. Petugas mewaspadai desa-desa yang hanya diisi oleh dua cakades.”

Dijelaskannya, kondisi desa masih kondusif. “Semua anggota babinkamtibmas tetap melaksanakan sambang desa agar program deteksi dini terlaksana. Artinya kejadian sekecil apapun bisa diketahui dan secepatnya dicari solusi.”

Menyinggung kondisi Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo yang dikabarkan akan panas, Kapolres menegaskan, masih terkendali. “Terpenting semua calon kepala desa mampu mengendalikan massa. Karena selain personel polisi juga ada anggota TNI dan linmas.”

Advertisement

Data di bagian pemerintahan desa (Pemdes) Wonogiri, desa-desa yang memiliki dua calon di antaranya Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Desa Ngancar dan Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo, Desa Tlogosari, Kecamatan Giritontro, Desa Sugihan dan Desa Ngaglik, Kecamatan Bulukerto. Juga, Desa Sambirejo, Kecamatan Jatisrono dan Desa Bugelan, Kecamatan Kismantoro.

Kabag Pemdes, Sriyono menyatakan, Pilkades 19 November nanti akan diikuti oleh 35 calon kepala desa karena seorang pendaftar yakni Sarino asal Desa Tanjung, Kecamatan Bulukerto mengundurkan diri. Karenanya di desa tersebut hanya diikuti oleh jago tunggal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif