Lifestyle
Jumat, 15 November 2013 - 20:41 WIB

Mau Tahu Siklus Flu di Tubuh Manusia? Simak

Redaksi Solopos.com  /  Maya Herawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilek (Thinkstock)

Harianjogja.com-Flu sangat menggangggu. Mau tahu siklus flu yang menyerang tubuh manusia?  Berikut adalah penjelasan Gregory A. Poland, M.D., seorang profesor di bidang obat, vaksin, dan penyakit menular di Mayo Clinic, dan John J. Treanor, M.D., ahli penyakit menular di University of Rochester Medical Center. Demikian dikutip detikHealth dari Huffington Post, Jumat (15/11/2013):

1. Sehari – dua hari pertama
Ini adalah awal mula masuknya virus flu ke dalam saluran pernapasan. Virus flu memasuki tubuh dengan berbagai cara: terhirup saat orang lain bersin atau batuk, atau menyentuh barang yang terkontaminasi virus flu dan tangan membawanya mendekati mulut, hidung, atau mata. Sejak saat masuk, virus akan bergabung dengan sel tubuh dan bereplikasi.
Di hari pertama dan kedua sejak virus memasuki tubuh, tubuh belum merasakan apapun. Namun demikian, tidak ada cara untuk menyelamatkan diri dari sakit flu yang akan datang sesaat lagi. Bukan hanya karena seseorang belum merasakan sakit, tetapi juga karena virus flu sedang menuju puncak ‘kejayaannya’ dalam tubuh.

Advertisement

2. Hari-hari selanjutnya, hingga satu minggu
Sel imun kini telah dikudeta virus flu. Mereka berreplikasi dan imunitas tubuh menjadi turun seketika. Meski begitu, tubuh ternyata tidak mudah mengalah. Tubuh memproduksi sel imun lebih banyak dan memperbaikin sistem imun tubuh, agar tidak ada sel lain yang terinfeksi virus flu.

Di saat inilah, tubuh baru merasa lemas, kepala pusing, kedinginan, bahkan otot terasa pegal-pegal. Di saat ini Anda baru sadar, ternyata Anda sedang sakit. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit akibat flu, misalnya minum teh hangat dan mengonsumsi obat flu.

Jika Anda rasa perlu, Anda bisa mengunjungi dokter dan meminta obat yang lebih ‘cespleng’. Namun, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah: istirahat. Beristirahatlah di rumah. Jangan paksakan diri tetap beraktivitas, sebab selain kerja menjadi tidak optimal, Anda juga berisiko menularkan flu pada rekan kerja Anda di kantor.

Advertisement

3. Hari-hari terakhir
Akhirnya! Sistem imun tubuh berangsur pulih, virus flu pun dapat disingkirkan. Inflamasi yang terjadi selama masa flu, kini mereda dan kembali sehat. Pada masa ini, masih ada rasa sakit yang tertinggal, misalnya batuk-batuk dan sakit tenggorokan. Namun demam dan rasa pegal-pegal sudah menyingkir dari tubuh.

Anda kini boleh mulai beraktivitas biasa, namun jangan langsung bekerja normal dan beraktivitas berat. Anda sudah aman dari virus dan tidak akan menulari orang lain. Anda bisa kembali ke kantor.

“Anak-anak bisa mengalami flu lebih lama daripada orang dewasa. Mereka juga lebih mampu menulari orang daripada orang dewasa. Penyebabnya, anak-anak belum memiliki antibodi yang baik untuk menghadapi virus flu. Mereka bisa mengalami flu hingga 10 hari,” papar Poland.

Advertisement

Treanor menambahka, flu berbeda dengan demam biasa. Proses terjadinya demam cenderung lebih lamban daripada flu. Gejala demam hanya meliputi bersin-bersin, hidung beringus, dan gangguan pernapasan. Sementara itu, gejala flu meliputi demam tinggi, batuk, bersin, sakit pada beberapa bagian otot, dan sakit tenggorokan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif