News
Jumat, 15 November 2013 - 00:45 WIB

KURIKULUM 2013 : Bulan Ini, Kemendikbud Monitoring Sekolah Percontohan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa sekolah dasar (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO–Pertengahan November, Monitoring dan evalusasi (monev) akan dilakukan pada sekolah percontohan kurikulum 2013 di Kota Solo.

Langkah ini dilakukan untuk menghimpun bahan pertimbangan kebijakan percepatan penerapan kurikulum 2013 pada 2014 mendatang.
Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMP Dinas Dikpora Kota Solo,Waliyono, mengatakan monev akan dilakukan oleh petugas dari Kemendikbud didampingi petugas dikpora selaku penanggungjawab daerah. Ia mengungkapkan setiap sekolah akan diberikan instrument monev masing-masing kepala sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah.

Advertisement

“Selanjutnya, Instrument itu dikumpulkan untuk diolah dalam bentuk laporan untuk dikirimkan melalui email ke Pusat,” terangnya, saat ditemui wartawan di kantornya, Kamis (14/11/2013).

Waliyono menambahkan, monev meliputi proses pembelajaran, penilaian, evaluasi, dan pelaporan apakah sesuai dengan pentunjuk pelaksanaan (juklak) kemendikbud tentang kurikulum 2013.

“Selain intrumen isian juga dilakukan wawancara. Bertepatan dengan momentum ujian tengah semester (UTS) lalu, nilai rapor, tengah semester juga akan menjadi acuan proses penilaian,” ujar dia.

Advertisement

Monev di rencanakan pertengahan November ini. Sementara laporan akan dikirimkan ke Pusat pada akhir November.

“Laporan hasil monev pada Senin (25/11) harus sudah dikirimkan. Sekolah siap-siap saja, dan setiap pertanyaan dijawab apa adanya. Hasil monev untuk pertimbangan percepatan penerapan kurikulum pada 2014,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif