Sport
Rabu, 13 November 2013 - 18:58 WIB

AITOR KARANKA Resmi Tangani The Boro

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aitor Karanka (kanan) saat masih menjadi asisten pelatih Jose Mourinho di Real Madrid. Karanka resmi melatih klub Liga Championship Inggris, Middlesbrough. JIBI/Solopos/Reuters

Solopos.com, LONDON –Eks asisten Jose Mourinho di Real Madrid, Aitor Karanka, menjatuhkan pilihannya untuk melatih klub Inggris, Middlesbrough. Karanka akan menjadi pelatih asing pertama The Boro, julukan Middlesbrough, sejak berdiri 137 tahun silam.

Karanka merupakan merupakan mantan pemain yang menempati posisi bek. Karier internasionalnya bersama Timnas Spanyol terbilang minim, hanya mengantongi satu cap.

Advertisement

Namun, kariernya sebagai pemain di La Liga Spanyol cukup apik. Selama 13 tahun, ia tercatat tampil konsisten bersama Athetic Bilbao dan Real Madrid. Bersama Madrid, Karanka bahkan pernah merasakan trofi Liga Champions pada musim 2000.

Pria 40 tahun ini menghabiskan waktu selam tiga tahun menjadi asisten Jose Mourinho di Santiago Bernabeu. Namun, seiring keputusan Mourinho meninggalkan Madrid untik kembali ke Chelsea, Juni lalu, hubungan Karanka dengan manajer asal Portugal itu juga berakhir.

“Dia membawa beberapa pengalaman fantastisnya sebagai pemain dan sebagai pelatih muda bertalenta. Kami semua senang bekerja bersamanya,” ujar chief executive Middlesbrough, Neil Bausor, setelah mengamankan kontrak kesepakatan selama dua setengah tahun dengan Karanka, dilansir Reuters, Rabu malam WIB.

Advertisement

Sebelumnya, Karanka juga dihubung-hubungkan dengan kekosongan kursi manajer di klub papan bahwa Liga Premier, Crystal Palace. Namun, Karanka justu menjatuhkan pilihannya kepada Middlesbrough, yang kini menempati posisi 16 dari 24 tim, yang berkancah di Liga Championship Inggris (divisi dua, satu kasta di bawah Liga Premier).

Selama ini Middlesbrough berada di bawah besutan caretaker manajer, Mark Venus. Venus menangani The Boro sejak manajer sebelumnya, Tony Mowbray, diberhentikan pada 21 Oktober 2013 lalu.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif