Jogja
Selasa, 12 November 2013 - 16:00 WIB

DISKUSI DISERANG ORMAS : Polda Mulai Ungkap Kasus Kekerasan

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bentrok (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, SLEMAN-Ditreskrim Polda DIY mulai melanjutkan pengusutan kasus penganiayaan peserta diskusi yang diduga dilakukan ormas Front Anti Komunis Indonesia (FAKI). Koordinator diskusi sekaligus pelapor kasus penganiayaan mulai dimintai keterangan oleh penyidik, Senin (11/11/2013).

Direskrimsus Polda DIY Kombes Pol Kris Erlangga pihaknya telah meminta keterangan dari pelapor seputar kronologi kejadian. Setelah itu korban lain yang keseluruhan dari luar Jogja akan diminta keterangan. Semakin cepat dapat dimintai keterangan maka dapat mempengaruhi cepat terselesaikannya kasus.

Advertisement

Kris mengatakan, tidak melihat latar belakang terlapor yang termasuk ormas. Akan tetapi jika terbukti terkait tindak pidana pihaknya akan tetap menuntaskan kasus tersebut. “Ini baru diperiksa, kami menunggu keterangan beliau. Kami tidak melihat latar belakang siapa terlapor, tapi lebih pada bahwa dia melakukan tindak kekerasan,” ungkapnya.

Sementara Irina Dayasih usai dimintai keterangan berharap agar Polda DIY dapat menuntaskan kasus tersebut. Serta menindak tegas pelaku penganiayaan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Hingga saat ini sejumlah korban penganiayaan masih trauma. Bahkan salah satu di antaranya sempat didatangi aparat negara ke rumahnya.

Dalam pemeriksaan kemarin ia menjelaskan kronologi kejadian berlangsung dari Pukul 10.00 WIB hingga sore kemarin. “Tahap pertama saya menjawab antara 15 sampai 20 pertanyaan,” kata dia.

Advertisement

Direktur LBH Jogja Samsudin Nurseha menyatakan pihaknya akan terus melakukan pendampingan kasus itu hingga tuntas. Untuk pemeriksaan korban masih menunggu kondisi trauma pulih. “Kami tidak ingin korban ini justru menjadi korban lagi, termasuk ada pihak yang mendatangi ke rumah, ini mempengaruhi psikis mereka,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif