News
Minggu, 10 November 2013 - 22:45 WIB

GUNUNG SINABUNG Muntahkan Awan Panas 1,2 Km

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas Gunung Sinabung (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, MEDAN — Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Minggu (10/11/2013) sore , kembali meningkat dengan memuntahkan awan panas sejauh 1,2 km.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melaporkan Gunung Sinabung kembali meletus pada pukul 15:58 WIB. Erupsi Gunung Sinabung disertai gempa dengan amplitudo 18 mm dengan durasi 8 menit. “Tinggi asap vulkanik mencapai 4 km menuju arah selatan dan barat daya,” ungkapnya, Minggu (10/11/2013).

Advertisement

Erupsi Gunung Sinabung kali ini juga disertai luncuran awan panas dengan jarak 1,2 km. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mencatat dalam sehari telah terjadi setidaknya 5 kali letusan.

BNPB melaporkan hingga saat ini pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung terutama dari 4 desa di kaki gunung masih aman. Untuk sementara tidak ada korban jiwa pada erupsi sepanjang hari ini. Masyarakat dihimbau selalu waspada dan mengikuti perkembangan Gunung Sinabung.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif