Soloraya
Sabtu, 9 November 2013 - 17:30 WIB

PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH : 992 Bak Mandi di Semanggi Diporselen

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nyamuk demam berdarah (Dok. JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, SOLO — Porselenisasi bak mandi dinilai ampuh memberantas jentik-jentik nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD). Karena itu, Rotary Club (RC) Solo Kartini terus menggeber program tersebut.

Bekerja sama dengan Rotary Club Westport, District 7980 USA, District 3420 Indonesia serta The Rotary Foundation melalui proyek Global Grant (GG) 1412480, program tersebut kali ini menyasar wilayah Semanggi, Pasar Kliwon, Solo. Untuk tahap pertama, 992 bak mandi milik warga Semanggi bakal diporselen antara November 2013-Maret 2014.

Advertisement

Sedangkan untuk tahap kedua dilakukan pemberantasan sarang nyamuk melalui pemantauan jentik. Selain itu, ada pembersihan lingkungan untuk 2.517 rumah di Kadipiro serta 1.492 rumah di Semanggi selama setahun. Hal itu akan dipantau sekali dalam sepekan. Sebelumnya, proyek tersebut dilakukan di Kelurahan Kadipiro sejak 2010 silam.

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), berharap program tersebut tak sebatas porselenisasi bak mandi. Pihaknya meminta adanya gerakan penanaman pohon kayu putih. “Kami berharap tidak hanya porselenisasi, tetapi juga dicarikan bibit kayu putih. Kalau setiap lingkungan ada 10-15 pohon, saya jamin tidak ada nyamuk di sana,” katanya, Sabtu (9/11/2013).

Pihaknya juga berencana bakal menanam pohon kayu putih di sepanjang bantaran sungai. “Taman di RW 007, Semanggi nanti juga akan kami tanam pohon kayu putih,” urai dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif