Soloraya
Jumat, 8 November 2013 - 19:15 WIB

KERUSAKAN JALAN KARANGANYAR : Belum Lama Ditambal, Jl. Adi Soemarmo Berlubang Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lubang di Jl. Adi Soemarmo di Desa Klodran, Colomadu, Karanganyar, Jumat (8/11/2013). (JIBI/Solopos/Iskandar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jalan Adi Soemarmo dan jalan di sekitar Tugu Bata, Desa Klodran, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, mulai rusak lagi setelah ditambal sulam menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati lalu. Jalan di kedua kawasan itu mulai berlubang sehingga mengganggu pengguna jalan yang melintas di kawasan itu.

“Sudah satu bulan lebih jalan ini kembali berlubang karena sering kali dilewati truk-truk bermuatan berat,” ujar salah seorang pegawai bengkel di Klodran, Jumino, 50, ketika ditemui Solopos.com di bengkelnya, Juma (8/11/2013).

Advertisement

Sebelumnya, bagian Jl. Adi Soemarmo lainnya, tepatnya di dekat Balai Desa Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar yang rusak telah dibenahi Mei lalu.

“Pengerjaan jalan memang baru saja dimulai setelah saya mendapat perintah perbaikan. Sejak dari timur yang berbatasan dengan Kota Solo memang banyak yang rusak. Tetapi kami mulai pengerjaan dari barat,” ujar salah seorang pekerja, Gito, 48, di sela-sela penambalan jalan.

Lebih lanjut, Jumino mengawatirkan jika tidak segera diperbaiki, lubang akan semakin banyak dan kerusakan akan semakin parah. Jika itu terjadi, perbaikan dinilai akan semakin banyak menyedot dana.

Advertisement

Hal yang paling mengawatirkan adalah jika lubang jalan itu menimbulkan banyak kecelakaan. Apalagi jika turun hujan lebat dan lubang tertutup air. “Dulu kami sampai menambal lubang di depan bengkel ini dengan biaya sendiri menggunakan semen. Sebab lubang itu banyak mencelakakan pengguna sepeda motor yang tak tahu ada lubang sehingga terperosok dan jatuh,” papar dia.

Secara terpisah Kepala Desa Klodran, Warsito membenarkan sejumlah jalan kabupaten yang masuk Desa Klodran (termasuk Jl Adi Soemarmo) mulai rusak. Jalan yang pernah ditambal menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati Karanganyar itu kini mulai berlubang di beberapa tempat.

“Dulu memang saya dengar jalan yang rusak ini sudah diaggarkan di APBD Perubahan dan akan dilaksanakan pada November. Tetapi kapan kepastiannya tidak jelas, apakah awal, pertengahan, atau akhir November,” ujar dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif