Teknologi
Rabu, 6 November 2013 - 00:25 WIB

India Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Pertama Ke Mars

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mangalyaan, pesawat ruang angkasa India yang menjalankan misi ke Mars (News.com.au)

Solopos.com, SOLO – India meluncurkan pesawat ruang angkasa pertamanya, Mangalyaan menuju planet Mars. Sebuah misi kompleks ini diharapkan akan menunjukkan dan memajukan teknologi khususnya dibidang astonomi negara tersebut.

Seperti dilansir news.com.au, Selasa (4/11/2013) ratusan warga India ikut menyaksikan peluncuran  roket Mangalyaan menuju planet Mars yang lepas landas dari pulau di pantai timur Sriharikota dan sebagian besar masyarakat lainnya menyaksikan melalui saluran TV.

Advertisement

Jika misi menuju ke Mars berhasil maka India akan menjadi negara satu-satunya negara di benua Asia yang mengunjungi planet merah tersebut setelah beberapa negara di Uni Soviet, Amerika Serikat, dan Eropa.

Dengan biaya sekitar $72juta atau sekitar Rp792 miliar memang patut dipertanyakan mengingat India memiliki berbagai masalah kependudukan. Dengan jumlah penduduk mencapai 1,2 miliar orang, India masih banyak memiliki masalah kelaparan dan kemiskinan. Namun pemerintah India tetap beranggapan ini penting untuk memajukan teknologi dan bermanfaat untuk memecahkan masalah di Bumi.

“Misi ini penting. Ini adalah hal yang dapat membuat rakyat India bahagia. Bahkan orang miskin, ketika mengetahui bahwa negaranya akan mengirim misi ke planet lain, ia akan merasakan kebanggan yang luar biasa kepada negaranya,” ujar Raghu Kalra dari Asosiasi Astronom India.

Advertisement

Pesawat luar angkasa Mangalyaan ini setidaknya akan membutuhkan enam bulan untuk menyelidiki planet dan suasana planet merah tersebut dengan titik terdekat 365 kilometer dari permukaan planet dan dengan titik terjauh 80.000 kilometer.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif