News
Selasa, 5 November 2013 - 11:22 WIB

BISNIS PENERBANGAN : Adi Sumarmo Cuma akan Layani Penerbangan Internasional

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Sumarmo (JIBI/Solopos/Dok)

Solopos.com, BOYOLALI — PT Angkasa Pura 1 berencana menjadi Bandara Adi Sumarmo sebagai bandara khusus internasional. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memeratakan penerbangan supaya tidak hanya terpusat di bandara tertentu.

Komisaris Utama PT Angkasa Pura 1, Suratto Siswodiharjo, mengatakan Bandara Adi Sumarmo akan lebih banyak melayani penerbangan internasional. Sedangkan penerbangan domestik akan dibatasi dan lebih difokuskan di Bandara Achmad Yani. Menurut dia, hal tersebut perlu dilakukan pengaturan seperti itu perlu dilakukan supaya penerbangan gemuk tidak terjadi di bandara tertentu.

Advertisement

Suratto menyampaikan pemilihan pengkhususan bandara ini karena ada tol penghubung antara Solo dan Semarang. Oleh karena itu, meski penumpang domestik harus berangkat dari Semarang hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena akan disediakan shuttle bus untuk menghubungkan ke dua kota.

“Penerbangan internasional yang difokuskan di Bandara Adi Sumarmo untuk sementara fokus penerbangan dari negara-negara di Asia dulu. Tapi saat ini, rencana tersebut masih terus dibahas. Mengenai kapan penerapannya semoga bisa secepatnya,” ungkap Suratto saat ditemui wartawan di Horison Gambir Anom Villa (HGVA), Senin (4/11/2013).

Meski Bandara Adi Sumarmo akan dijadikan bandara khusus internasional namun Suratto menuturkan belum akan menambah fasilitas. Menurut dia, penambahan fasilitas akan melihat perkembangan kalau dibutuhkan. Pemilihan Adi Sumarmo sebagai bandara khusus untuk penerbangan internasional karena landasan yang panjang dan bangunan yang memadai.

Advertisement

Dia juga mengatakan meski fungsi bandara akan dikhususkan, penerbangan haji tetap dilakukan di Solo. Bahkan menurut dia, saat ini pihaknya berencana membuka rute penerbangan untuk melayani jemaah yang ingin melaksanakan ibadah umrah.

Suratto mengatakan dengan pemfokusan penerbangan tersebut akan membuat Solo semakin ramai. Oleh karena itu, dia berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memperhatikan dan stakeholder lainnya terutama di bidang pariwisata terus berbenah supaya wisatawan semakin tertarik berkunjung ke Solo.

Di waktu yang sama, PT Angkasa Pura 1 juga mengadakan pelatihan Costumer Service Exelent untuk kalangan komunitas yang ada di Bandara Adi Sumarmo. Pelatihan tersebut menurut Suratto sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pelayanan di bandara. Selain itu, juga menjadi salah satu langkah supaya bisa masuk menjadi salah satu bandara terbaik.

Advertisement

“Kami ingin mengubah mindset karyawan dan petugas yang ada di bandara, termasuk tenant dan bea cukai. Semua karyawan yang ada di bandara mindsetnya harus berubah untuk bisa melayani pelanggan dengan baik sehingga bisa menjadi bandara terbaik atau 10 terbaik di Asia. Itu cita-cita kami,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif