Teknologi
Senin, 4 November 2013 - 09:32 WIB

TEKNOLOGI BARU PIRANTI PENDIDIKAN: White Board Interaktif, Belajar-Mengajar Kian Aktif

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ini dia white board pintar yang bisa menampilkan gambar, suara dll. (Ist)

Solopos.com, JAKARTA — Ada teknologi baru piranti pendidikan yang cukup menyita perhatian pengunjung Indocomtech 2013 bertema Live in The Future di Jakarta Convention Centre, 30 Oktober hingga 3 November 2013 lalu.

Piranti pendidikan berteknologi baru itu ditampilkan PT Offistarindo Adhiprima, berujud alat bernama Interactive Whiteboard, Leaner Respon System, Interactive Display Monitor, Interactive Display Monitor, Visual Presenter, Integrated Notebook Sized Graphics, Portable Interaktive Presentation System.

Advertisement

“Dengan adanya teknologi terbaru dalam bidang pendidikan seperti adanya Interactive whiteboard, proses belajar mengajar antara siswa dan pengajar atau dosen menjadi semakin mudah dan siswa semakin mudah mengerti pelajaran tersebut,“ kata Harry Lo, Direktur Utama PT Offistarindo Adhiprima, Minggu (3/11) lewat siaran persnya yang diterima solopos.com.

Salah satu teknologi terbaru adalah Interactive Whiteboard Type Promethean ActivBoard 595 Pro Mobile System with EST Projector. Sebuah papan interaktif multi touch: pen dan sentuhan tangan (touch screen) yang kaya fitur, menggabungkan warna, gerak dan aktivitas suara yang terintegrasi dengan built-in speaker penguat suara stereo sebagai pendukung mata pelajaran. Terpasang pada stand board yang dapat diatur ketinggiannya secara elektrik (motorized height adjustable stand), dilengkapi gantungan proyektor serta proyektor tipe short throw.

Menurut Harry Lo, Interactive Whiteboard ini mampu mengubah metode/system belajar yang sifatnya masih konvensional atau manual ke system belajar mengajar yang lebih interaktif karena merupakan sarana pembelajaran multimedia yang berupa media teks, grafis, foto, gambar, audio, video serta animasi secara integrasi.

Advertisement

Dapat meningkatkan daya serap serta animo belajar siswa yang sangat fantastis sesuai petunjuk Permendiknas yaitu menggunakan sarana yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa yang tinggi serta menjadikan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. (JIBI/Solopos/*)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif