Jogja
Minggu, 3 November 2013 - 11:34 WIB

TES CPNS : Honorer Ikut Tes Kemampuan Dasar

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes tulis CPNS (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA-Tenaga honorer K2 menempuh tes tertulis meliputi tes kemampuan dasar dan kemampuan bidang dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berlangsung hari ini, Minggu (3/11/2013).  Usai mengikuti tes, semua lembar jawab akan dikumpulkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY dan selanjutnya langsung diserahkan ke pusat.

Lembar jawab nantinya akan diantar dan serahkan ke pusat langsung di malam harinya. Sedangkan soal akan dimusnakan oleh BKD DIY.

Advertisement

Kepala Bidang (Kabid) Penata Usahaan BKD Kota Jogja, Christy Dewayani mengatakan, tes tertulis yang digelar kali ini adalah untuk CPNS jalur honorer kategori K2. Sedangkan soal tes langsung berasal dari BKN. “Untuk pengamanan soal ada di bawah kewenangan Dinas Ketertiban,” paparnya.

Menurut dia, meski mendapatkan moratorium untuk pelaksanaan tes, pihaknya tahun ini tetap menggelar tes, dengan dasar Peraturan Pemerintah No. 48/2005 Tentang  Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi PNS.

“Soal berapa yang akan diambil, kami tidak tahu. Itu semua kewenangan dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Advertisement

Sementara Forum Pemantau Independen Pakta Integritas (Forpi) Kota Jogja menurunkan tim untuk memantau pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada jalur honorer kategori K2. Langkah itu dilakukan sebagai upaya untuk menjamin transparansi pelaksanaan 860 orang peserta tes.

Divisi Sekretariat dan Pengaduan Forpi Kota Jogja Baharudin Kamba mengatakan, pemantauan dilakukan di dua tempat ujian yakni SMKN 5 Jogja dan SMAN 8 Jogja.  Di dua tempat tersebut Forpi akan meminta komitmen para pengawas untuk membuat pakta integritas. Hal itu dilakukan untuk menjamin pelaksanaan tes sesuai dengan ketentuan. “Pengawas dan panitia semua akan kami minta untuk membuat pakta integritas,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif