Entertainment
Minggu, 3 November 2013 - 01:35 WIB

Festival Jaz di Tepi Sungai Mahakam Diramaikan Musisi Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Mahakam Jazz Fiesta (flickr.com)

Solopos.com, SAMARINDA — Kelompok musik jaz dunia berbasis di Amsterdam, Negeri Belanda, Boi Akih meramaikan Mahakam Jazz Fiesta yang diadakan di tepian Sungai Mahakam, sepanjang Jl Untung Suropati, Kota Samarinda, Jumat (1/11/2013) malam. Digawangi dua seniman Belanda, Monica Akihary (vokal), dan Niels Brouwer (saxophone), Yedo Gibson (Brasil) pada drum, dan Owen Hart Jr. (USA) pada gitar, kelompok musik itu mendapat sambutan hangat dari pencinta musik jaz.

Malam itu, Boi Akih pun merasa sangat senang bisa datang ke Samarinda dan tampil festival musik jaz tersebut. Penampilan mereka sukses menghibur para pencinta musik jaz, meningkatkan Festival Mahakam Jazz yang merupakan pertunjukan seni tepi sungai bertaraf internasional itu.

Advertisement

Director Festival Agus Setiawan Basuni dalam pers rilisnya mengaku sengaja mengundang kelompok musik jaz dunia itu ke festival Mahakam Jazz Fiesta 2013 setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan acara yang sama tahun 2012 lalu. Acara musik jaz ini diselenggarakan sebagai wujud koloborasi Wartajazz bersama Djarum Super Mild.

“Dengan terselenggara festival musik jaz ini, mulai terlihat potensi musisi-musisi jaz berbakat dari Kalimantan Timur. Festival ini menariknya ada kolaborasi putra daerah seperti drumer M. Iqbal, pemain suling maut M. Saat Syah yang tampil bersama pianis Dwiki Dharmawan,” ujar Agus.

M. Iqbal sendiri pada malam pertama festival jaz itu tampil enerjik bersama Nita Aartsen. Ia mampu mengimbangi irama musik Nita yang memainkan piano dengan tempo cepat dan tinggi. Bahkan, Nita melihat ada ciri khas musik dibawakan seorang lelaki yang masih muda. “Masih muda, beda musiknya yang dibawakan,” kata Nita saat tampil.

Advertisement

Acara festival jazz ini berlangsung dua hari, pada malam pertama dihadiri Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang. Ada pun sejumlah band lokal dari Kaltim yang memeriahkan acara musik jaz itu antara lain Just Kill Me dari Kutai Kartanegara, Deni Urban dan Second Rise dari Balikpapan, Mahakam Jazz River, WPP, Explaine, YK Band, D’Flo, dan Jazz Project featuring Marching Band Pupuk Kaltim.

 

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif