Soloraya
Minggu, 3 November 2013 - 06:15 WIB

CPNS 2013 : Tes di Wonogiri Diawasi 84 Orang

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cpns (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, WONOGIRI—Tes CPNS 2013 di Wonogiri, bakal dilangsungkan Minggu (3/11/2013). Sebanyak 84 orang guru bakal mengawasi tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi 757 orang tenaga honorer kategori II yang berlangsung di SMA N 2 Wonogiri dan SMK 1 Sudirman, Minggu (3/11).

Sementara itu untuk mengamankan soal, Pemkab menyimpan soal CPNS di gedung Graha Personalia kompleks Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri. Ruangan dikunci rapat, dan empat kuncinya dipegang masing-masing Plt Sekda Wonogiri, selaku Ketua Penyelenggara Tes CPNS, Suharno; pihak Inspektorat Daerah Wonogiri; BKD Wonogiri; dan Polres Wonogiri. Soal tes sudah diterima panitia pada Jumat (1/11) pukul 21.30 WIB.

Advertisement

Kepala BKD Wonogiri, Rumanti Permanandyah, kepada Solopos.com, Sabtu (2/11), menjelaskan secara umum persiapan menuju pelaksanaan tes CPNS bagi tenaga honorer kategori II di Wonogiri sudah beres.

Soal sudah diterima Jumat malam, dan persiapan ruangan tes juga sudah berjalan. Bahkan, para petugas yang terlibat baik sebagai pengawas maupun sebagai petugas bagian keamanan, juga sudah bertugas di tempatnya masing-masing.

“InsyaAllah sudah siap, tinggal pelaksanaannya saja. Untuk soal sudah, pengawas juga beres, ada 84 orang, terdiri atas 44 orang di SMA 2 dan 40 oranh di SMK 1,” terang Rumanti.

Advertisement

Sementara itu, soal tes CPNS yang datang Jumat malam, saat ini dijaga ketat petugas gabungan Polres dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Wonogiri. Menurut Rumanti, soal terdiri atas soal tes kemampuan dasar (TKD) dan tes kemampuan bidang (TKB).

Soal tersebut sudah dibagi berdasarkan bidang masing-masing peserta, yakni tenaga guru dan tenaga kesehatan jadi satu karena peserta tes dua bilang itu menempati satu lokasi di SMA N 2 Wonogiri. Sedangkan soal tes bagi tenaga administrasi disimpan dalam bendel terpisah karena lokasi tes untuk peserta bidang tersebut berada di SMK 1 Sudirman.

Menurut Rumanti, semua soal dalam kondisi tersegel, sehingga pihaknya tidak mengetahui jumlah soal. Panitia penyelenggara hanya memberikan gambaran pengerjaan setiap soal dibatasi hanya dua jam. “Jadi tes akan dimulai pagi, setelah ada sambutan dari Bupati dan Ketua Penyelenggara, yaitu Bapak Plt Sekda. Pertama, peserta akan mengerjakan TKD selama dua jam. Selanjutnya istirahat, dan dilanjutkan TKB, juga selama dua jam,” ujar dia.

Advertisement

Setelah tes, panitia masih punya pekerjaan memusnahkan soal ujian. Rencananya soal yang telah digunakan akan dimusnahkan pada Minggu malam. Berikutnya, pada Senin pagi, lembar jawaban peserta akan dikirimkan ke Jakarta atau Pemerintah Pusat. Rumanti menambahkan sesuai aturan, pihaknya memang hanya bertugas untuk menyelenggarakan tes, sedangkan koreksi dan hasil penilaian ditangani Pemerintah.

Lebih jauh, Rumanti berharap 757 peserta menyiapkan diri untuk menghadapi tes. Agar bisa mengikuti tes, peserta harus membawa nomor peserta dan identitas diri, seperti kartu tanda penduduk (KTP). Hal itu penting untuk memastikan kesesuaian peserta dengan foto pada identitas.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif