Soloraya
Sabtu, 2 November 2013 - 18:30 WIB

PEMILU 2014 : Panwaslu Siap Beberkan DPT Bermasalah By Name

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Pemilu 2014 (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, SOLO — Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Solo, Sri Sumanta, mengakui bila data tentang dugaan pemilih bermasalah yang disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo tidak disertai rincian by name dan by address. Namun, Sumanta, sapaanya, menegaskan bisa mempertanggungjawabkan data itu bila diminta by name atau by address.

Sumanta mengatakan data temuan pemilih yang diduga bermasalah itu sudah diserahkan ke KPU lewat PPK. Pernyataan ini dia lontarkan menanggapi keluhan KPU Solo yang kesulitan menindaklanjuti laporan indikasi pemilih bermasalah sebanyak 17.736 orang dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Legislatif 2014. Pasalnya, data Panwaslu yang disampaikan ke KPU tidak dirinci by name dan by address

Advertisement

Panwaslu berencana mengumpulkan semua Panwascam untuk cross check data tersebut, sekaligus mengecek tindak lanjut KPU terkait laporan Panwaslu. Sumanta khawatir bila temuan itu tidak ditindaklanjuti akan berdampak pada pemborosan dana logistik.

“Coba kami lihat Senin (4/11/2013) besok, KPU menindaklanjuti temuan itu atau tidak. Bila tidak, kami akan melakukan langkah lain, seperti membawa ke ranah kode etik KPU. Sebenarnya kan untuk menindaklanjuti temuan itu kan tinggal dicoret saja, tidak perlu penetapan DPT ulang. Senin besok itu merupakan hari terakhir untuk penelitian data karena KPU pusat bakal menetapkan DPT secara nasional pada Senin besok,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif