Soloraya
Sabtu, 4 Mei 2024 - 19:08 WIB

PDIP Pastikan Rober Christanto Mendaftar Cabup Karanganyar

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tokoh masyarakat asal Kabupaten Karanganyar tengah berkonsultasi dengan panitia penjaringan bakal cabup dan cawabup PDIP pada Sabtu (4/5/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Hari ketiga pendaftaran bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang digelar DPC PDIP Karanganyar, Sabtu (4/5/2024), masih sepi peminat.

Para kandidat baru sebatas konsultasi ke panitia penjaringan bakal cabup dan cawabup PDIP Karanganyar. Panitia Penjaringan, Teguh Widayatmo, mengatakan empat orang tokoh politik, pengusaha dan birokrat sudah berkomunikasi dengan panitia. Mereka rencananya baru mengambil formulir pendaftaran pada pekan depan.

Advertisement

“Sampai hari ini memang belum ada yang mengambil formulir. Semua baru sebatas konsultasi dan komunikasi saja,” kata dia dijumpai di kantor Sekretariat DPC PDIP Karanganyar pada Sabtu (4/5/2024).

Untuk tokoh politik, Teguh mengatakan ada dari internal dan luar partai. Di internal partai sendiri, Teguh memastikan ada Rober Christanto yang akan mendaftar di PDIP maju dalam bursa Pilkada Karanganyar. Namun kapan mantan Bupati Karanganyar ini akan mendaftar, Teguh belum bisa memastikannya.

“Yang jelas Pak Rober mau mendaftar. Waktunya kapan, nanti menunggu saja,” kata dia.

Advertisement

Teguh menjelaskan minimal dua orang calon diajukan dalam penjaringan sesuai instruksi surat DPP PDIP terkait Pilkada serentak ini. Nantinya siapa yang akan direkomendasikan sebagai cabup dan cawabup, Teguh mengatakan sepenuhnya ada di tangan DPP PDIP. DPC PDIP Karanganyar hanya melakukan penjaringan bakal calon, sedangkan penyaringan kuasa penuh ada di tangan DPD dan DPP PDIP. Teguh mengatakan PDIP membuka koalisi dengan partai politik (parpol) lain dalam kontestasi Pilkada Karanganyar yang akan digelar pada 27 November nanti.

“Koalisi sangat terbuka lebar karena PDIP bukan pemenang mayoritas. Perolehan kursi kita di Pemilu kemarin baru 30 persen,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif