Soloraya
Senin, 28 Oktober 2013 - 16:10 WIB

PEMILIHAN KEPALA DESA : DPRD Mentahkan Usulan Dana Pengamanan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wawan Setya Nugraha (JIBI/dok)

Solopos.com, WONOGIRI--DPRD Wonogiri mementahkan usulan dana pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) senilai Rp33,75 juta yang bakal dilaksanakan November mendatang.

Usulan itu diajukan Polres Wonogiri kepada Pemkab Wonogiri 25 September 2013. Usulan tersebut untuk memenuhi kebutuhan anggaran pengamanan pilkades bagi 225 personel Polres Wonogiri yang bakal bertugas selama tiga hari. Masing-masing personel diusulkan menerima dana Rp15.000-Rp35.000 per hari.

Advertisement

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suharno, menyampaikan usulan dana itu saat berbicara di hadapan peserta rapat paripurna dengan agenda membahas hasil evaluasi Gubernur terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Perubahan APBD 2013. Suharno meminta pertimbangan DPRD apakah usulan dana itu bisa disetujui.

Namun, setelah melakukan pembicaraan selama rapat diskors, Ketua DPRD Wonogiri, Wawan Setya Nugraha, lansung menyampaikan usulan itu tidak bisa dipenuhi saat ini karena APBD Perubahan 2013 sudah mendapat evaluasi Gubernur sehingga tidak bisa direvisi.

“Karena sudah melewati evaluasi Gubernur, usulan itu tidak bisa dipenuhi. Tapi akan dipertimbangkan untuk perencanaan anggaran di tahun-tahun mendatang,” tegas Wawan.

Advertisement

Lebih jauh, dia menambahkan kendati usulan pengamanan pilkades tidak bisa dipenuhi, DPRD sudah menyetujui anggaran pengamanan selama hari besar Natal dan Tahun Baru 2014.

Anggaran untuk keperluan itu dialokasikan senilai Rp50 juta. Wawan menyebut tidak terpenuhinya usulan pengamanan pilkades semestinya menjadi bahan evaluasi agar ke depan Pemkab memperbaiki perencanaan anggaran semua kegiatan.

Di sisi lain, anggota DPRD Wonogiri, Zainudin, menegaskan perubahan anggaran setelah melewati evaluasi Gubernur tidak bisa dipenuhi. Sedangkan untuk keperluan pengamanan hari besar, seperti Hari Raya Idul Fitri dan Natal, DPRD tetap memenuhinya. “Komisi A tetap menganggarkan dana itu dalam bentuk bantuan keuangan. Dasarnya usulan dari eksekutif,” beber Zainudin.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Setda Wonogiri, Sriyono, menambahkan pada kegiatan pilkades sebelumnya, tidak ada anggaran yang khusus dialokasikan untuk pengamanan pilkades yang dikucurkan kepada jajaran kepolisian. Sriyono mengaku hanya menyampaikan usulan itu kepada tim anggaran karena sebelumnya mendapat surat berisi usulan itu dari Polres Wonogiri.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif