Soloraya
Jumat, 25 Oktober 2013 - 21:15 WIB

TAMAN BALEKAMBANG : Mancing, Candak, Culke, Jadi Wahana Wisata Baru

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Taman Balekambang Solo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Taman Balekambang Solo (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Solopos.com, SOLO — Mancing, candak, culke (MCC) atau dalam bahasa Indonesia berarti, memancing, dapat, lepaskan, diperkenalkan untuk menjadi Wahana Wisata baru Taman Balekambang.

Advertisement

Wahana tersebut diluncurkan bertepatan dengan pembukaan rangkaian acara HUT ke-92 Balekambang, Kamis (24/10/2013) kemarin.

Kepala UPTD Balekambang, Endang Sri Murniati, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (25/10/2013) mengatakan MCC merupakan sebuah wahana pemancingan ikan yang berada di kolam utama Balekambang.

Advertisement

Kepala UPTD Balekambang, Endang Sri Murniati, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (25/10/2013) mengatakan MCC merupakan sebuah wahana pemancingan ikan yang berada di kolam utama Balekambang.

Selain sebagai wahana wisata, MCC nantinya akan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai konservasi ikan langka.

“Kami bekerjasama dengan pihak swasta untuk mengelola MCC ini. Sebelumnya, kolam utama Balekambang hanya dijadikan tempat penampungan air saja. Sekarang dengan hadirnya MCC, kami harap ini bisa menyedot perhatian pengunjung,” ungkapnya.

Advertisement

Endang menjelaskan, sesuai namanya, para pengunjung yang akan memanfaatkan wahana ini untuk memancing, tidak diperkenankan untuk membawa pulang ikan hasil pancingannya. Setelah pengunjung berhasil mendapatkan ikan, kata Endang, petugas akan membantu untuk melepaskan ikan dari mata pancing untuk kemudian dilepas kembali.

“Semangat MCC ini adalah pelestarian ikan terutama ikan langka. Kami justru ingin memasyarakatkan kegiatan memancing sebagai olah raga yang menarik untuk dicoba oleh masyarakat. Setiap mereka dapat ikan, petugas kami akan membantu melepaskan ikan dari mata pancing untuk dilepas lagi,” terangnya.

Sementara itu, pihak pengelola MCC, Arif Hidayat, mengatakan, selain bisa memancing, para pengunjung nantinya bisa belajar lebih dalam mengenai olah raga memancing yang benar. Melalui MCC pula, Arif menambahkan, pengunjung akan diperkenalkan dengan ikan-ikan langka yang ada di kolam tersebut.

Advertisement

“Tidak hanya memancing saja, kami akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana memancing yang benar, bagaimana memperlakukan ikan dengan baik dan sebagainya. Intinya wahana ini akan menjadi wahana wisata edukasi,” katanya.

Terkait dengan harga tiket, Arif mengatakan, pengunjung akan dikenai biaya tiket sebesar Rp50.000 untuk sekali memancing dengan durasi tiga jam.
Namun, kata Arif, pengunjung bisa mendapatkan fasilitas kartu anggota dengan mendaftar sebagai anggota MCC untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

“Kalau mau jadi anggota, pendaftarannya sebesar Rp200.000. Fasilitas yang didapat adalah kaos anggota, kartu anggota dan diskon hingga 25 persen setiap memancing di wahana MCC,” pungkasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif