Soloraya
Jumat, 25 Oktober 2013 - 13:53 WIB

PENGAWAS PEMILU : Panwaslu Wonogiri Lantik 3 Panwascam

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI--Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Wonogiri melantik tiga orang panitia pengawas kecamatan (panwascam) di tiga kecamatan berbeda, di Sekretariat Panwaslu Wonogiri, Jumat (25/10/2013).

Mereka adalah Panwascam Puhpelem, Samsu; Panwascam Ngadirojo, Wiji Riyanto; dan Panwascam Eromoko, Suratmi.  Pascadilantik, ketiganya langsung diminta bekerja sebab revisi daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Wonogiri harus diserahkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, paling lambat Kamis (31/10/2013).

Advertisement

Ketua Panwaslu Wonogiri, Tulus Premana Edi, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Jumat (25/10/2013), menjelaskan tiga panwascam tersebut dilantik untuk mengisi kekosongan anggota panwascam. Tulus menguraikan tiga orang tersebut ditetapkan sebagai anggota panwascam di kecamatannya masing-masing setelah melalui proses perekrutan, yang dimulai akhir September. Menurutnya, proses perekrutan hingga pelantikan sudah berjalan sesuai regulasi.

“Jadi ketiga anggota panwascam itu semuanya baru. Menurut aturan memang kami bisa melantik anggota panwascam dari peserta peringkat di bawahnya [di bawah peringkat tiga]. Tapi karena yang peringkat di bawahnya tidak bersedia, kami akhirnya melakukan perekrutan ulang,” jelas Tulus.

Sebagai contoh, kandidat Panwascam Ngadirojo sebenarnya ada dua karena saat seleksi pertama, ada dua peserta yang berada di peringkat empat dan lima. Namun, dua kandidat itu saat dihubungi pihak Panwaslu mengaku sudah memiliki kesibukan sehingga menolak peluang menjadi anggota panwascam.

Advertisement

Tulus menambahkan jika tidak ada perubahan, anggota panwascam baru itu bakal bekerja mulai Oktober untuk sekitar setahun ke depan atau sampai perhelatan Pemilu Presiden (Pilpres) usai.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif