Lifestyle
Jumat, 25 Oktober 2013 - 06:30 WIB

KULINER SOLO : Piza Bukan Lagi Hidangan Mahal

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi piza (en.wikipedia.org)

Solopos.com, SOLO — Mendengar kata piza, yang terbayang adalah makanan mahal yang biasa disajikan di restoran atau gerai khusus makanan orang bule. Penampilannya yang menggugah selera, sejatinya membuat siapa pun ingin menikmati salah satu makanan terkenal di dunia itu. Tak terkecuali kalangan berkantong cekak.

Namun, kini makanan yang dianggap berasal dari Italia itu sudah bisa disantap tanpa harus datang ke restoran. Sejumlah gerai di sejumlah kawasan Kota Solo sudah pula menjual piza dengan harga terjangkau.

Advertisement

Salah satu gerai yang menyediakan piza murah yakni Panties Pizza yang berada di Jl. Kebangkitan Nasional No. 63, Penumping, Kecamatan Laweyan, Solo. Gerai tersebut hanya menyediakan satu jenis piza, yakni piza lipat atau lazim disebut calzone pizza. Sedangkan variasi menu yang disajikan ada 14 jenis dengan harga Rp14.000-Rp21.000.

Sebagian menu yang ditawarkan di gerai yang baru buka 3 Mei 2013 lalu, itu juga cukup unik. Sebut saja Mission Im-Pizza-ble, Pizzaderman 3, Chicken Run, Des-Pizzable Me, Pizza University dan A Pizza to Remember, yang merupakan nama plesetan dari judul film tersebut. Ada pula nama Luna Maya yang diplesetkan menjadi menu Tuna Maya.

Piza yang dibuat di gerai Panties Pizza hanya menggunakan mozarella. Keju tersebut digunakan untuk menimbulkan efek melted atau meleleh saat irisan piza diangkat. Semua bahan piza di Panties Pizza dibuat sendiri oleh pemiliknya, yakni Johan Lingga Permana.

Advertisement

Petugas marketing Panties Pizza, Parikesit, mengatakan awalnya gerai tersebut dibuka untuk kalangan anak muda. Namun seiring berjalannya waktu, ternyata semua kalangan menyukai piza lipat itu. “Bahkan ada anak-anak SD urunan uang untuk membeli piza di gerai kami,” ujar Pari saat ditemui Solopos.com di Panties Pizza, Rabu (23/10/2013). Didirikannya gerai piza itu bertujuan agar makanan modern itu bisa dinikmati oleh banyak orang.

Gerai piza murah lainnya yakni Pizza Lover yang berada di Jl. Yosodipuro atau depan Solo Paragon Mall. Ada lima varian piza berbentuk hati yang ditawarkan yakni Beef Lover, Chicken Lover dan Cheese Lover dengan harga Rp18.000 per porsi, serta Fruits Lover dan Hot Lover seharga Rp15.000 per porsi.

Selain bahan yang tertera sesuai dengan menu piza, bahan tambahan lainnya yang ditaburkan di atas lembaran piza yakni berupa jagung manis, irisan jamur kancing, keju mozarela, sosis, manisan dan diberi saus mayones.

Advertisement

Gerai Pizza Lover buka pukul 15.00 WIB-21.00 WIB. Selain di Jl. Yosodipuro, gerai tersebut juga buka di Wedangan Anomali depan kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) serta di sekitar Solo Grand Mall (SGM).

Pengelola Pizza Lover, Djoko Kristanto, mengatakan selain bisa dibawa pulang, para pembeli juga bisa menikmati piza di tempat. Sejak dibuka pada Juni 2013 lalu, piza yang paling banyak dipesan hingga saat ini yaitu Beef Lover. Soal rasa, Djoko mengklaim tidak kalah dengan gerai piza besar yang ada di Solo.

Piza yang lebih murah lagi dijual di Tisada Burger, yang buka di trotoar sebelah barat Lapangan Kota Barat. Warung berkonsep kaki lima menyajikan piza persegi panjang seharga Rp7.000 per porsi. Selain piza, di warung tersebut juga menyajikan pasta dan burger.

Sebelum dipanggang di oven, lembaran piza ditaburi irisan sosis, keju, daun bawang, jamur dan saus mayones. “Selain itu kami juga memberi sayuran seperti mentimun dan irisan tomat,” ujar pemilik Tisada Burger, Tanto.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif