Soloraya
Jumat, 25 Oktober 2013 - 18:05 WIB

KEBAKARAN KLATEN : Oven Cat dan 1 Mobil Hard Top di Kiat Motor Ludes Terbakar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran Klaten memadamkan api di oven cat Kiat Motor (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Petugas pemadam kebakaran Klaten memadamkan api di oven cat Kiat Motor (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN — Satu unit mobil Hard Top dan mesin oven pengering cat milik bengkel Kiat Motor yang ada di Jl Solo-Jogja Kilometer 4, Ngaran, Mlese, Klaten, terbakar, Jumat (25/10/2013) sore.

Advertisement

Belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran, namun kerugian ditaksir mencapai Rp2,5 miliar.

Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi, kebakaran terjadi di bengkel milik Sukiat sekitar pukul 15.52 WIB, Jumat. Saat itu, satu unit mobil Hard Top milik Sukiat sudah selesai dicat.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com di lokasi, kebakaran terjadi di bengkel milik Sukiat sekitar pukul 15.52 WIB, Jumat. Saat itu, satu unit mobil Hard Top milik Sukiat sudah selesai dicat.

Untuk mempercepat proses pengeringan, mobil tersebut lalu dimasukkan ke dalam mesin oven cat.

Kemudian, salah satu pekerja di bengkel tersebut, Warsito, memencet tombol on pada mesin oven cat. Selang beberapa menit kemudian, api menyembur keluar dari dalam mesin oven. Dia langsung berteriak kebakaran dan meminta pertolongan teman-temannya.
Sejumlah pekerja langsung berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.
Sementara, beberapa pekerja berusaha mencari pertolongan dari unit Pemadam Kebakaran Klaten. Namun, api tidak kunjung padam dan semakin membesar.

Advertisement

Beberapa menit kemudian, tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Kobaran api berhasil dipadamkan sekitar 30 menit kemudian.

Sementara, dalam kebakaran tersebut sempat terdengar empat kali ledakan. Humas Kiat Motor, Muhammad Isnaeni, mengungkapkan ledakan itu berasal dari bahan bakar mobil Hard Top. Menurutnya, ledakan itu berasal dari ban mobil yang saat itu terisi angin secara penuh.

Pihaknya mengaku sudah melakukan pengecatan sesuai standar prosedur yang ditetapkan.

Advertisement

“Tangki pada mobil juga sudah dicopot sehingga tidak ada bahan bakar di Hard Top tersebut saat dioven,” paparnya kepada wartawan di lokasi, Jumat.

Dia belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran. Namun, kebakaran diduga berasal dari mesin oven cat bertenaga listrik tersebut.

Sekitar pukul 16.30 WIB, pemilik Kiat Motor, Sukiat, langsung meninjau lokasi kebakaran yang menimpa bengkelnya. Pihaknya juga tidak menyangka musibah kebakaran itu bisa menimpa bengkelnya.

Advertisement

“Kerugian diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar,” ungkap Sukiat kepada wartawan di lokasi, Jumat.

Sementara, Kasatreskrim Polres Klaten, AKP Danu Pamungkas, yang saat itu datang ke lokasi mengatakan belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Pihaknya akan mendalami musibah kebakaran yang menimpa bengkel yang pernah memproduksi Esemka itu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif