News
Jumat, 25 Oktober 2013 - 21:45 WIB

KAPOLRI BARU : KPK Berharap Kapolri Baru Lanjutkan Kerja Sama

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jenderal Pol Sutarman (saat itu masih Komjen Pol) dilantik sebagai Kapolri (kiri) mendapat ucapan selamat dari Ketua KPK Abraham Samad (kanan) seusai acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2013). Sutarman yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri, menggantikan Jenderal Pol Timur Pradopo yang memasuki masa purnabakti. (JIBI/Solopos/Antara/Prasetyo Utomo)

Solopos. com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap tidak akan ada lagi konflik antara badan tersebut dengan Polri dalam upaya pemberantasan korupsi. Ketua KPK Abraham Samad berharap Sutarman sebagai Kapolri baru bisa melanjutkan koordinasi dan sinergi antara 2 badan penegak hukum tersebut.

Dia mengatakan upaya pemberantasan korupsi sulit dilaksanakan tanpa sinergi dan kerja sama antara KPK dan Polri. “Di masa kepemimpinan Pak Timur, menurut saya, terjalin hubungan yang baik dengan KPK. Saya berharap Kapolri sekarang meneruskan itu,” katanya, Jumat (25/10/2013).

Advertisement

Abraham menegaskan konflik yang sempat timbul antara KPK dengan Bareskrim Polri, yang saat itu dipimpin Sutarman, bukan hambatan kerja sama KPK dan Polri. Konflik yang dimaksud adalah kewenangan pengusutan kasus tindak korupsi dalam pengadaan simulator SIM di tubuh Polri dengan tersangka Djoko Susilo.

“Enggak usah kita kembali ke belakang, yang jelas kita ingin melihat ke depan supaya bisa bekerja sama,” kata Abraham.

Kapolri Sutarman memastikan Polri selalu mendukung dan bekerja sama dengan KPK dalam upaya pemberantasan korupsi. “Kita punya kerja sama pelatihan, mulai dari pelatihan yang digagas KPK, yang melakukan adalah personel kita di daerah,” katanya.

Advertisement

Selain itu, Polri selalu siap memberikan bantuan kapada KPK dalam bentuk pengerahan kekuatan atau pengawalan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif