Entertainment
Kamis, 24 Oktober 2013 - 23:30 WIB

KONSER MUSIK : Senyum Via Valent Tundukkan Seramania

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penyanyi dangdut Via Valent. (Maulana Surya/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Setelah akhir Juli lalu sempat terganjal masalah perizinan konser, Orkes Melayu (OM) Sera Gresik kembali menggoyang Seramania—sebutan bagi penggemar OM Sera—di Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari, Solo, Rabu (23/10/2013).

Konser yang telah lama ditunggu-tunggu ini menjadi ajang melepas rindu Seramania bersama 6 biduanita yang diboyong OM Sera, Rabu malam itu. Energi sekitar 10.000 Seramania tampak belum surut setelah menerima sajian 9 lagu dari Niken Idola, Bunga Asmarani, dan Ina Samantha. Semangat menonton konser mereka tetap tersisa untuk menanti biduan favorit Seramania, Via Valent.

Advertisement

Sebelum berjoget bersama Via Valent, ribuan Seramania diajak melakukan pemanasan oleh penyanyi dangdut Wiwik Sagita. “Seramania apa kabar? Kita tadi sudah istirahat sebentar. Keringatnya belum keluar kan? Kalian minta lagu apa?” tantang Wiwik dengan aksen Jawa Timur yang kental.

Wiwik kemudian menggeber lagu Oplosan yang paling banyak diminta penonton. Biduanita senior OM Sera ini tampil maksimal saat membawakan salah satu lagu dangdut koplo favorit pendengar ini.

Advertisement

Wiwik kemudian menggeber lagu Oplosan yang paling banyak diminta penonton. Biduanita senior OM Sera ini tampil maksimal saat membawakan salah satu lagu dangdut koplo favorit pendengar ini.

Saat tensi konser mulai meninggi, penonton pun makin panas. Sejumlah Seramania yang semula asyik bergoyang terlihat saling pukul karena tak sengaja tersenggol sesama penggemar. Mereka pun terlibat aksi saling lempar botol minuman. Aparat pun bergerak cepat mengamankan situasi. Sementara itu, Wiwik terus mendendangkan Oplosan sambil mengganti lirik untuk menenangkan penonton.

“Tutupen botolmu. Tutupen oplosanmu. Emanen nyawamu aja mbok terus-teruske mergane ora ana gunane. Oplosan, oplosan, aja tawuran,” ujar Wiwik sambil mengajak Seramania mengangkat dua jari ke atas sebagai tanda perdamaian.

Advertisement

Mendadak Kalem

Sebelum Via Valent diundang naik panggung, konser sempat dihentikan sejenak untuk meredam suasana yang memanas. Kedatangan Via dari belakang panggung langsung disambut teriakan penggemar yang menyebut-nyebut namanya.

Via yang malam itu datang dengan gaun pendek tanpa lengan berwarna putih, menyapa manja penggemarnya sambil menebar senyuman. Seramania yang sebelumnya terlibat kericuhan mendadak kalem dan menyimak lagu Cinta Terbaik yang dilantunkan biduan idolanya itu.

Advertisement

Perempuan berponi ini kemudian menyapa satu per satu Vianisty (sebutan penggemar fanatik Via Valent) dari Solo, Karanganyar, Colomadu, Plawon, hingga Gunungkidul. Sapaan ramah Via disambut salah seorang penggemar dengan melemparkan kaus hitam bertuliskan “Vianisty” ke panggung. “Ini buat Via ya? Makacih,” kata Via manja sambil memeluk kaus pemberian penggemarnya.

Via Valent tampil singkat dengan membawakan tiga lagu. Di Sayidan yang dipopulerkan Shaggy Dog dan Aku Memilih Setia yang dipopulerkan Fatin Shidqia, sukses mengajak Vianisty bernyanyi dan bergoyang bersama. “Udah dulu ya, kapan-kapan Via bawain 10 lagu buat kalian semua,” janji Via mengakhiri penampilan singkatnya.

Konser malam itu ditutup penampilan penyanyi pendatang baru, Sarah Brilian. Kualitas suara biduan baru OM Sera ini tak kalah dengan sejumlah seniornya. Reuni singkat Seramania dan OM Sera ini berakhir pukul 23.00 WIB. Ribuan penggemar pun puas hingga enggan segera beranjak.

Advertisement

Salah seorang Seramania, Alfian, 18, mengaku datang jauh-jauh dari Klaten untuk menyaksikan Via dkk. “Dulu pernah sekali nonton konsernya di Klaten. Setelah itu ketagihan. Yang paling ditunggu tentu saja Via Valent,” kata lelaki yang mengenakan kaus bertuliskan Vianisty ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif