News
Sabtu, 19 Oktober 2013 - 03:45 WIB

11 Daerah Batal Buka Rekrutmen CPNS 2013

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi tes CPNS (JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Tidak semua 259 instansi/provinsi membuka lowongan CPNS 2013. Asisten Deputi Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Arizal mengemukakan sebanyak 11 daerah dari 259 instansi (provinsi, kabupaten/kota) membatalkan seleksi penerimaan CPNS.

Padahal,  ke-11 daerah tersebut sudah mendapatkan formasi dari Menteri PAN-RB Azwar Abubakar pada Juli lalu.

Advertisement

Arizal menegaskan tidak ada sanksi bagi daerah yang batal melaksanakan tes CPNS. Hanya saja konsekuensinya, daerah bersangkutan dianggap tidak membutuhkan tambahan pegawai baru lagi.

Dia juga menegaskan, formasi yang sudah diberikan ke-259 daerah berlaku untuk tahun anggaran 2013, sehingga bila ada daerah yang batal melaksanakan seleksi CPNS, jatah formasinya dianggap hangus.

“Misalnya tahun ini diberi jatah 500 pegawai, kalau membatalkan penerimaan CPNS, formasi itu hangus,” tegas Arizal di kantornya baru-baru ini.

Advertisement

Diakui Arizal, ada beberapa daerah yang beranggapan bila tahun ini tidak melaksanakan penerimaan CPNS, jatah formasinya bisa ditambah dengan usulan tahun depan. Contohnya tahun ini 500, tahun depan usulan 250 sehingga totalnya 750.

“Formasi tahun 2013 hanya berlaku tahun ini. Kalau maunya ditambahkan dengan usulan 2014 dengan alasan tahun ini tidak melaksanakan, ya tidak boleh,” tegas Arizal.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif