Jogja
Kamis, 17 Oktober 2013 - 22:05 WIB

Warga Karangsewu Tolak Kandang Ayam

Redaksi Solopos.com  /  Wisnu Wardhana  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi Kandang ayam (JIBI/Harian Jogja/Ujang Hasanudin)

Harianjogja.com, KULONPROGO–Warga Desa Karangsewu, Kecamataan Galur, Kulonprogo mulai keberatan dengan adanya usaha peternakan ayam potong yang banyak berdiri di lingkungan setempat.

Sukarjo, 60, warga setempat mengungkapkan, dia mulai gerah merasakan efek buruk adanya kandang ayam.
Menurut dia, kandang ayam menimbulkan merebaknya lalat di wilayah itu. Tidak hanya itu, dia menuding pemilik kandang ayam tidak rutin menjaga kebersihan kandang sehingga bau kotoran ternak itu tercium sampai rumah warga.

Advertisement

“Pokoknya kami keberatan dengan banyaknya kandang ayam di sini. Kami warga sini sudah melakukan pertemuan terkait penolakan kandang ayam ini,” ujar Sukarjo kepada Harian Jogja, Selasa (17/10/2013).

Beberapa kandang ayam di wilayah itu, lanjut dia, sudah tidak difungsikan lagi oleh pemiliknya saat ini karena memang panen ayam sudah terlewati. Selanjutnya warga meminta kandang yang sudah tidak beroperasi itu tidak lagi dilanjutkan fungsinya untuk usaha ternak massal lagi.

“Selanjutnya kami akan usul ke pemerintah desa agar dibongkar saja kandang yang sudah kosong itu. Jangan sampai nanti dipakai lagi untuk ternak ayam potong dalam skala besar,” tandasnya.

Advertisement

Sementara Sukamto, 45, warga lain masih memberi toleransi untuk tidak langsung memberhentikan dan membongkar kandang ayam yang banyak tersebar di sekitar dia tinggal.”Untuk kandang yang masih ada ayamnya, kami toleransi sampai panen dulu. Tapi setelah panen, kami harap pemilik sadar diri untuk memenuhi keberatan warga,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif