Soloraya
Selasa, 15 Oktober 2013 - 19:45 WIB

PILKADES SUKOHARJO : 10 Cakades Berebut 3 Kursi Kades

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Sebanyak 10 calon kepala desa siap bertarung dalam agenda pemilihan Kepala Desa Gedongan, Duwet dan Purbayan, Kecamatan Baki, Sukoharjo, Kamis (24/10/2013) mendatang.

Camat Baki, Joko Indrianto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (15/10/2013), mengatakan calon Kades Gedongan sebanyak dua orang, calon Kades Duwet enam orang dan calon Kades Purbayan dua orang.

Advertisement

Masih ada kemungkinan jumlah calon kades bertambah lantaran batas waktu pendaftaran ditutup Kamis (17/10/2013).

“Berkas persyaratan pendaftaran 10 calon kades sudah lengkap, tinggal menunggu penetapan. Saya harap seluruh calon menjaga kondusivitas wilayah hingga hari pemungutan suara,” katanya.

Dia berencana mengumpulkan seluruh calon setelah ditetapkan sebagai calon kades.

Advertisement

Tujuannya untuk membangun dialog bersama demi penyelenggaraan pilkades yang aman dan damai. Selain itu seluruh calon kades akan diminta menandatangani surat pernyataan bersama berisi kesepakatan pilkades damai. Seluruh calon kades harus bisa mengendalikan kader mereka.

Disinggung tingkat kerawanan politik di Desa Duwet, Joko menampiknya.

”Dari segi jumlah calon pemilih memang terbilang banyak, tapi aman-aman saja,” tandasnya. Namun perihal kemungkinan keterlibatan para botoh dalam pilkades, camat tidak membantahnya.

Advertisement

”Memang ada kemungkinan keterlibatan botoh. Biasanya mereka rela mengeluarkan cost demi memenangkan taruhan. Tapi saya minta warga pilih kades sesuai hati nurani. Jangan pertaruhkan masa depan enam tahun ke depan hanya karena Rp50.000,” urainya.

Dalam pengamanan pilkades, menurut Joko pihaknya menggandeng polsek dan koramil setempat.

Sementara Kasubag Pemerintahan Desa pada Bagian Pemerintahan Desa Kabupaten Sukoharjo, Bambang Sumirat, mengatakan akan mengecek persiapan pilkades pada Rabu (16/10/2013).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif