Soloraya
Selasa, 15 Oktober 2013 - 23:15 WIB

IDUL ADHA 2013 : Disnakperla Wonogiri Temukan 36 Hati Bercacing

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Grafis/Galih Ertanto)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Grafis/Galih Ertanto)

Solopos.com, WONOGIRI — Petugas Dinas Peternakan Perikanan dan Kelautan (Disnakperla) Wonogiri menemukan 36 hati bercacing pada sapi dan kambing yang disembelih di tujuh kecamatan di Kabupaten Wonogiri, Selasa (15/10/2013).

Advertisement

Jumlah itu terdiri atas 31 hati sapi dan lima hati kambing. Semuanya ditemukan menyebar di Kecamatan Wonogiri, Giriwoyo, Batuwarno, Puhpelem, Baturetno, Purwantoro, dan Bulukerto.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Surip Surono, mewakili Kepala Disnakperla Wonogiri, Rully Pramono Retno, mengatakan hingga Selasa pukul 16.00 WIB ada 274 ekor sapi, 641 kambing, dan delapan ekor domba yang disembelih. Dari jumlah itu, ditemukan 31 hati sapi bercacing dan lima hati kambing bercacing.

“Untuk hati yang mengandung cacing, tidak ada toleransi, langsung kami minta dimusnahkan,” tegas Surip.

Advertisement

Selain temuan tersebut, selama pemantauan petugas Disnakperla, juga ada temuan indikasi sapi yang usianya kurang dari dua tahun. Sapi yang tidak cukup usia untuk jadi hewan kurban tersebut ditemukan di Kelurahan Wonokarto, sebanyak dua ekor. Surip menambahkan karena pelaksanaan penyembelihan hewan masih berjalan, pihaknya tetap akan melakukan pemantauan hingga dua hari ke depan.

Sementara itu, dibandingkan tahun lalu, temuan pada Idul Adha tahun ini lebih banyak. Tahun lalu hanya ada 21 hati sapi bercacing dan delapan hati kambing bercacing. Kendati demikian, Surip menilai hal itu tidak otomatis menunjukkan hati sapi dan kambing yang mengandung cacing, bertambah.

Menurutnya, temuan cacing hati hanya tergantung jumlah petugas yang memeriksa. Tahun ini, jumlah petugas pemantau penyembelihan hewan kurban lebih banyak.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif