Lifestyle
Sabtu, 12 Oktober 2013 - 01:44 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Optimalkan Berjalan dengan Cara Ini...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi berjalan kaki (Huffingtonpost.co.uk)

Solopos.com, SOLO – Tubuh manusia dirancang untuk selalu bergerak. Namun, karena kesibukan, rata-rata orang modern jarang bergerak. Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk  menjaga tubuh agar tetap sehat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan yang pasti mudah untuk dilakukan.

Berjalan, seperti  dilansir Huffington Post  Selasa (8/10/2013), adalah salah satu kegiatan sederhana yang ternyata mampu membuat tubuh kita lebih sehat, mengurangi depresi, dan stres dari segala rutinitas yang ada. Berikut beberapa tips untuk anda untuk mengoptimalkan aktivitas berjalan Anda agar lebih bermanfaat bagi tubuh:

Advertisement

– Berjalan di Alam Terbuka

Berjalan di alam terbuka hijau ternyata mampu untuk menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati. Sebuah studi Universitas Rochester, Amerika Serikat menunjukkan hanya dengan menyempatkan waktu 20 menit di lingkungan terbuka hijau mampu membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.

– Hitung Jumlah Langkah Anda

Advertisement

Jika Anda termasuk orang yang jarang melakukan aktivitas dengan berjalan kaki, sekarang sudah saatnya Anda mulai peduli dengan kesehatan Anda. Hitunglah kira-kira seberapa banyak  Anda berjalan setiap harinya.

Terkadang orang berpikir sudah aktif berjalan, namun faktanya hanya sekitar 500 langkah-2.000 langkah saja per hari. Idealnya Anda harus berjalan 10.000 langkah per hari. Dengan aktif berjalan 10.000 langkah per hari dapat meningkatkan intensitas Anda dalam bekerja serta membuka pikiran untuk ide-ide dan wawasan baru.

– Menyadarkan Diri Sendiri

Advertisement

Berjalan telah lama dipraktekkan sebagai kegiatan yang meditatif. Orang yang tinggal di daerah perkotaan sering kali mengabaikan manfaat berjalan untuk cenderung memilih transportasi yang nyaman dan cepat. Mulailah untuk menyadarkan pada diri Anda tentang banyaknya manfaat yang dapat diambil dari berjalan. Sempatkanlah berjalan selama 20 menit disela-sela pekerjaan Anda demi kesehatan.

– Berjalan Bersama Teman

Berjalan dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mengejar ketertinggalan Anda bersama teman-teman dan keluarga. Bermanfaat untuk tambahan dukungan sosial dan kesehatan mental yang dapat menambah umur Anda.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif