Lifestyle
Jumat, 11 Oktober 2013 - 00:20 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Waspadai 6 Penyebab Air Tak Sehat!

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Air yang salah perlakuan tak layak dikonsumsi (huffingtonpost.com)

Solopos.com, SOLO – Air merupakan salah satu bahan konsumsi yang tidak bisa dipisahkan dengan upaya hidup sehat manusia. Bahkan istri Presiden Amerika Serikat Michelle Obama gencar mengampanyekan agar banyak minum demi menjaga kesehatan.

Kebanyakan orang-orang di negara maju cukup beruntung karena air sehat dapat dengan mudah mereka temukan. Namun tidak demikian dengan sebagian umat manusia di belahan lain Planet Bumi.

Advertisement

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), seperti dilansir Huffington Post, Rabu (9/10/2013), mendeteksi lebih dari 3,4 juta orang di seluruh penjuru Planet Bumi meninggal dunia karena masalah air, mulai dari sanitasi yang buruk, masalah air kotor hingga air yang menyebabkan berbagai penyakit maupun infeksi.

Berikut adalah  6 hal yang dapat menyebabkan air yang kita konsumsi menjadi tidak sehat:

Dimulai dari air berbisphenol A

Bisphenol A

Air yang disimpan dalam botol berbisphenol A mengurangi kualitas air (earthtimes.org)

Bisphenol A atau yang sering kita dengar dengan BPA merupakan bahan kimia yang dapat kita temukan di beberapa botol plastik, zat ini mampu larut dalam makanan dan minuman hingga menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang dapat mengganggu perkembangan tubuh dan syaraf, terutama bagi bayi dan anak-anak yang biasa minum menggunakan dot.

Advertisement

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih botol yang bebas dari kandungan BPA untuk menghindari risiko masalah kesehatan yang ditimbulkan dari zat kimia tersebut.

 

Berikutnya, air yang disimpan di botol kotor

Air di Botol kotor

Air yang disimpan di botol kotor juga tak baik dfkonsumsi (socialviews.wordpress.com)

Menggunakan botol minuman untuk beberapa kali pemakaian adalah salah satu tindakan yang hemat dan tentunya ramah lingkungan. Namun, Anda wajib menjaga agar botol tetap bersih.

Advertisement

Bakteri sangat menyukai tempat yang hangat, dan basah. Nyatanya, sebagian orang membiarkan botol minumannya tertutup dan mengisinya lagi keesokan harinya, namun itu sama saja dengan mengundang bakteri.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mencuci botol dengan air sabun yang hangat, dan pastikan untuk membiarkannya terbuka sampai benar-benar kering.

 

Selanjutnya air yang mengucur dari shower

Minum Air Shower

Air yang mengucur dari shower bukan untuk diminum (www.polyvore.com)

Advertisement

Mandi dengan shower merupakan hal yang menyenangkan sehingga kerap kali Anda bisa tergoda meminum airnya yang pasti juga menyegarkan. Sebaiknya Anda mengurungkan niat itu, karena bakteri dapat dengan mudah berkembang biak saat sedang meluncur di udara.

 

Juga minuman berpemanis buatan

Minuman Berpemanis Buatan

Mengonsumsi air berpemanis buatan tak baik (foodnavigator.com)

Minuman yang mengandung pemanis buatan sangat membahayakan kesehatan orang yang mengonsumsinya. Minuman berpemanis buatan bisa memicu obesitas dan gangguan kesehatan lain. Sebisa mungkin hindarilah minum minuman yang mengandung berbagai varian rasa yang dijual bebas di pasar.

Advertisement

 

Cukup baik, terlalu banyak jangan

Minum Terlalu Banyak

Cukup minum air baik, tetapi terlalu banyak jangan (extendbar.com)

Jumlah tepat air yang dikonsumsi seseorang mungkin sangat relatif. Minum air cukup banyak air putih mungkin baik dilakukan, namun ada kemungkinan Anda minum terlalu banyak. Overhydrating atau kelebihan mengonsumsi air dapat menyebabkan hiponatremia yang dapat terjadi ketika kadar natrium dalam tubuh sangat rendah hingga sel-sel mulai membengkak. Jika tidak segera diobati hiponatremia dapat menyebabkan kejang dan koma.

 

Advertisement

Kurangi minuman Berkafein

Minuman Berkafein

Mengonsumsi terlalu banyak air berkafein (blog.foodnetwork.com)

Memang benar ada beberapa manfaat yang dapat kita ambil dari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, di antaranya adalah meningkatkan memori dan konsentrasi. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan justru dapat menimbulkan masalah yang berarti bagi kesehatan, karena kafein mengandung H2O yang apabila dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan insomnia atau susah tidur dan gelisah.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif