News
Senin, 20 Mei 2024 - 17:47 WIB

Gandeng Lembaga Riset Internasional, ITS PKU Muh Solo Bahas Publikasi Ilmiah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah 1 Solo menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Implementation of Research Collaboration & Publication di kampus setempat, Senin (20/5/2024). FGD itu bekerjasama dengan lembaga penelitian asal Madagascar yakni ASTA Research Center. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—-Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah 1 Solo menggelar Focus Group Discussion (FGD) di kampus setempat, Senin (20/5/2024)

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kerjasama ITS PKU Solo, Ida Untari mengatakan kegiatan FGD tersebut merupakan bentuk implementasi dari MoU atau kerja sama yang sudah dilakukan sebelumnya dengan ASTA Research Center  Antananarivo, Madagascar.

Advertisement

FGD yang bertajuk Implementation of Research Collaboration & Publication itu menghadirkan narasumber dari  ASTA Research Center,  yakni Rakotoarisoa Maminirina Fenitra.

Dia mengatakan memang sebelum acara itu, terlebih dahulu Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta [Aptisi] Solo melakukan penandatangan kerja sama dengan ASTA Research Center di Solo Grand City Hotel, Senin (20/5/2024).

Advertisement

Dia mengatakan memang sebelum acara itu, terlebih dahulu Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta [Aptisi] Solo melakukan penandatangan kerja sama dengan ASTA Research Center di Solo Grand City Hotel, Senin (20/5/2024).

Penandatanganan tersebut mencakup kerja sama di berbagai bidang seperti publikasi jurnal, penelitian, focus group discussion (FGD), dan lainnya. Dia mengatakan kegiatan FGD itu diikuti oleh seluruh jajaran seperti dekan, kepala program studi, serta peserta lainnya.  

“Kita diskusi [FGD] terkait kegiatan yang bisa dilakukan ke depan. Misalnya dari LPPM mengupayakan agar jurnal kita bisa terindeks scopus,” kata dia ketika ditemui Solopos.com di kampus ITS PKU Muhammadiyah Solo, Senin (20/5/2024). 

Advertisement

Ida mengatakan ASTA Research Center bisa memfasilitasi menyediakan narasumber dari kalangan akademisi.

Selanjutnya, Ida mengatakan pada Rabu (22/5/2024) bersama ASTA Research Center akan melakukan pengabdian di daerah Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Pengabdian yang bakal dilakukan adalah edukasi untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di desa setempat.

“Nah itu dari ASTA Research Center bisa ikut menyaksikan sekaligus menjadi narasumber dalam rangka pengabdian internasional,” kata dia.

Advertisement

Ke depannya, kerja sama internasional yang dilakukan oleh ITS PKU Muhammadiyah Solo dengan ASTA Research Center merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. 

Dia berharap dengan adanya kerja sama dengan lembaga penelitian yang berpusat di Madgaskar itu, ITS PKU Muhammadiyah Solo bisa semakin memberikan dampak positif kepada masyarakat. 



Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif