Soloraya
Rabu, 9 Oktober 2013 - 15:56 WIB

Solo-Afsel Jajaki Sister City

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Kota Solo dan Afrika Selatan (Afsel) mewacanakan pembangunan kota kembar (sister city) untuk meningkatkan kerjasama kedua belah pihak.
Sektor pariwisata dan perdagangan akan menjadi titik berat program sister city. Hal itu terungkap dalam dialog antara Duta besar (Dubes) Afrika Selatan (Afsel) untuk ASEAN dan Timor Leste, Noel N. Lehoka, dan Wakil Wali Kota (Wawali) Solo, Achmad Purnomo, di Balai Kota, Rabu (9/10/2013).

“Kami berencana menunjuk salah satu kota sebagai duplikat Kota Solo. Kami mengagumi kota ini, terutama batiknya,” ujar Noel kepada wartawan seusai pertemuan.

Advertisement

Menurut Noel, Solo dan batik menjadi familiar di Afsel setelah mantan presidennya, Nelson Mandela, menggunakan kain itu setiap hari sejak 1994. Bahkan saking khasnya, imbuh dia, banyak warga yang menyebut batik sebagai Mandela’s shirt.

“Lalu kami jelaskan bahwa itu bukan Mandela’s shirt, melainkan batik,” ujarnya.

Noel berharap adanya sister city nanti semakin mengenalkan batik Solo di negaranya. Terlebih, selama ini Afsel merupakan salah satu negara pengimpor batik dari Kota Bengawan.

Advertisement

“Kain batik sangat menarik karena proses pembuatannya yang rumit. Selain itu, batik juga memiliki makna yang dalam,” tuturnya.

Di samping kerjasama di bidang perdagangan batik, pihaknya berencana menyeriusi potensi lain seperti pertukaran pelajar, pertukaran guru, manajemen persampahan dan promosi pariwisata. Noel menyebut Solo cenderung mudah dipromosikan lantaran ditunjang sejumlah jalur penerbangan.

Sementara itu, Wawali, Achmad Purnomo, berharap kunjungan dubes tersebut dapat memererat hubungan Solo dan Afsel. Sebagai kota yang sedang berkembang, Wawali menyebut Solo harus terbuka dengan tawaran kerjasama.

Advertisement

“Dengan wacana sister city, kami berharap potensi kedua wilayah bisa ikut terdongkrak.”

Wawali menambahkan, Solo memajukan potensi pariwisata, budaya dan perdagangan dalam rencana kerja sama. Menurut Purnomo, dalam waktu dekat delegasi Afsel akan kembali mengunjungi Solo untuk menyeriusi program sister city.

Advertisement
Kata Kunci : Afsel Sister City Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif