Entertainment
Rabu, 9 Oktober 2013 - 05:14 WIB

Komunitas Liar Liar Films Bedah Film Pendek

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO—Komunitas pengemar film, Liar Liar Films menggelar pemutaran dan diskusi film pendek berjudul Ealah dan Jago Tarung di Kepatihan Art Space, Senin (8/10/2013) malam.

Dalam acara yang dihadiri puluhan orang dari anggota komunitas LiarLiar Films, Surakarta Youth Artist, Tugitu Unite ini, pembuat film pendek independen Abdurrachman Sya’bani Nasution, membedah dua karya film besutannya.

Advertisement

Diskusi film pendek besutan lelaki yang akrab disapa Bani ini, membongkar sejumlah aspek teknis dan nonteknis dalam produksi film yang berhasil menembus ketatnya kuratorial Festival Film Solo.

“Kami ingin membagikan pengalaman dan proses pembuatan buat teman-teman yang tertarik membuat film pendek,” terang Bani ketika berbincang dengan Espos selepas acara.

Menurut Bani, kemajuan teknologi saat ini seharusnya dijadikan pemicu bagi pembuat film pemula untuk bisa unjuk kreativitas membuat karya film. “Lewat komunitas ini kami ingin berbicara, kalau membuat film pendek itu enggak susah. Apalagi dengan kemajuan teknologi seperti saat ini,” katanya.

Advertisement

Meskipun pembuatan film pendek sudah dimudahkan dengan teknologi, Bani menyesalkan minimnya ruang apresiasi bagi film pendek.

“Saat ini ruang pemutaran terutama buat pemula masih minim. Acara festival film pendek terlalu formal dan harus melalui seleksi kuratorial. Lewat acara komunitas seperti ini, para pembuat film pemula bisa lebih santai berekspresi dan saling berbagi pengalaman,” tandasnya.

Komunitas Liar Liar Films hingga saat ini telah menghasilkan sejumlah karya film pendek antara lain Ealah (2012), Jago Tarung, Blip Blip, Wani Ra!, dan On The Way (2013). Ke depan komunitas ini bakal segera merilis film teranyar mereka berjudul Bumbu-Bumbu Rayu dan Riding The Lights.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif