Teknologi
Minggu, 6 Oktober 2013 - 21:42 WIB

TAKSI BISA DIBAYAR DIGITAL : Blue Bird-XL Axiata Realisasikan Cash-less

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi (kedua kiri), menunjukkan transaksi pembayaran taksi dengan menggunakan XL Tunai, didamping Vice President Business Development Blue Bird Group Noni Purnomo (kanan) dan Senior GM M-Finance, XL Axiata, Yessy Yosetya, saat peluncuran Kolaborasi XL Tunai dan Blue Bird Group, di Kuta, Badung, Bali, Jumat (4/10/2013). Kerja sama ini merupakan bagian dari komitmen kedua institusi dalam mengembangkan layanan digital seiring dengan perkembangan cashless society untuk mempermudah transaksi baik pengemudi maupun pengguna XL. (JIBI/Solopos/Antara/Hendra)

Solopos.com, BADUNG — PT. XL Axiata Tbk (XL) bekerja sama dengan perusahaan transportasi Blue Bird Group bekerja sama merealisasikan ide transaksi cash-less. Blue Bird menyediakan 750 unit Bali Taksi yang bisa dibayar secara digital menggunakan XL Tunai.

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan terus melakukan pengembangan XL Tunai untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam bertransaksi kapan saja dan di mana saja dengan berbagai kemudahan. “Kemitraan dengan Blue Bird Group merupakan bagian dari komitmen XL dalam mengembangkan layanan digital, seiring dengan program pemerintah dalam mendorong terciptanya less cash society,” kata Hasnul seusai penandatanganan kerja sama tersebut, Jumat (4/10/2013) sore.

Advertisement

Peluncuran layanan XL Tunai dan Blue Bird Group yang dilakukan di sela-sela KTT APEC 2013, kata Hasnul, tidak lepas dari pesatnya perkembangan wilayah itu sebagai tujuan wisata domestik maupun internasional. XL Tunai merupakan fasilitas dompet virtual dari XL Axiata yang memberi kemudahan transaksi bagi pengguna, dengan electronic money yang dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi keuangan hanya melalui telepon genggam.

“Dengan layanan ini, baik penumpang maupun pengemudi akan menikmati keuntungan, keamanan, dan kemudahan dalam bertransaksi,” ujarnya.

Dia menambahkan sebanyak 500.000 pengguna XL Tunai di Bali bias menikmati pengalaman baru membayar taksi dengan mudah dan aman dengan membayarnya secara digital, begitu juga bagi para pengemudi taksi yang tidak lagi direpotkan dengan uang kembali. Vice President Business Development Blue Bird Group Nonie Purnomo menjelaskan layanan ini menambah alternatif pembayaran di samping tunai, credit voucher, kartu kredit, dan kartu debit.

Advertisement

“Bali menjadi proyek rintisan dan dalam waktu dekat kerja sama ini bias diperluas ke kota-kota lain di mana taksi Blue Bird beroperasi,” ujarnya.

Untuk melakukan pembayaran perjalanan dengan Bali Taksi, pengguna XL Tunai cukup mengakses *123*120*3# yang merupakan menu pembayaran Bali Taksi Blue Bird. Setelah memasukkan NIP pengemudi dan jumlah pembayaran, pengguna layanan akan menerima verifikasi pembayaran, yang langsung diterima oleh pengemudi. Didukung pengemudi yang ramah, jujur dan tegas serta layanan transaksi digital berkualitas tinggi, lanjut Nonie, kerja sama ini secara signifikan meningkatkan kenyaman berkendara dan memberi nilai lebih bagi para pelanggan.

XL Tunai merupakan fasilitas yang dimiliki oleh setiap pengguna XL tanpa harus mengunduh aplikasi. Pengguna XL cukup melakukan aktivasi dengan mengakses *123*120#, kemudian melakukan pengisian saldo XL Tunai di semua jaringan ATM di Indonesia, agen pulsa bertanda XL Tunai, XL Centre serta Alfamart terdekat.

Advertisement

Saat ini, selain fasilitas pembayaran Blue Bird Group di wilayah Bali, XL Tunai dapat digunakan untuk pembayaran tagihan, pembelian pulsa, belanja di Alfamart, serta pencairan saldo secara tunai, maupun transfer antarbank. Saat ini pembayaran dengan XL Tunai diterima di lebih dari 8.000 merchant.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif