Otomotif
Sabtu, 5 Oktober 2013 - 07:45 WIB

MODIFIKASI SEPEDA MOTOR : Honda CB 1980 Bergaya Jepang

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Honda CB Jap Style (Farid S/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Motor Honda CB rakitan tahun 1980 ini aslinya berbodi tinggi. Namun oleh pemiliknya, Aji Prasetyo, bodi motor tersebut dibuat lebih rendah dan terkesan “menunduk”.

Honda CB Jap Style (Farid S/JIBI/Solopos)

Advertisement

Aji memang menginginkan motor kesayangannya itu terkesan lebih unik, gagah dan kekar. Salah satu cara untuk menyiasatinya yakni dengan merendahkan bodi motor. “Ketika mengendarai motor ini tidak jauh berbeda dengan motor gede, karena bodinya juga lebih panjang dari bodi aslinya,” ujar Aji saat ditemui Solopos.com, di Stadion Pandanarang, Boyolali, Senin (30/9).

Aji mengatakan, konsep yang ditanamkan pada motornya itu adalah Japan Style. Untuk mewujudkan konsep tersebut, dia harus mengganti dan meng-custom beberapa onderdil.

Aji yang juga warga Desa Kepanjen, Kecamatan Delanggu, Klaten, itu antara lain mengganti knalpot orisinal dari Honda CB dengan knalpot milik Honda Phantom sehingga ujungnya meruncing. Beberapa perubahan juga dilakukan pada rangka belakang dan depan. Shock breaker depan memakai milik Yamaha Byson dan rem tromol depan menggunakan milik Yamaha Scorpio.

Advertisement

Aji yang memercayakan modifikasi motornya di bengkel Free Design Custom (FDM) Delanggu, Klaten, itu juga meng-customize tangki motor yang sebelumnya besar menjadi mini dan ramping. Hal itu juga dilakukan pada slebor depan dan belakang sehingga tampak lebih eye catching dan sesuai dengan konsep Jap Style.

Honda CB Jap Style (Farid S/JIBI/Solopos)

Motor warisan dari ayah Aji, itu semula berwarna hitam. Namun oleh Aji, motor itu diubah menjadi warna kesukaannya, yakni ungu. “Saya belum pernah melihat ada Honda CB yang dimodifikasi dengan warna full ungu,” terang Aji.

Advertisement

Sementara itu, perubahan juga ia lakukan pada pelek belakang dan depan menjadi lebih gede, yakni ring 17. Sedangkan lebar pelek depan 3 inch dan pelek belakang 4,5 inch. Dia juga mengubah karburator orisinal dengan karburator milik Honda Revo.

Aji sama sekali tidak mengubah motor 100 cc miliknya itu lantaran kondisi mesinnya masih bagus. Dia mengaku telah menghabiskan total Rp12 juta untuk motor tunggangannya yang sering dia ikutkan lomba modifikasi motor tersebut

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif