Lifestyle
Jumat, 4 Oktober 2013 - 13:07 WIB

Cegah Kanker Payudara Dengan 8 Cara Ini

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, SOLO –– Kanker payudara adalah penyakit yang rentan diderita wanita. Berbagai studi mengungkap penyakit ini menjadi pembunuh unggulan bagi wanita.

Dilansir News Max Health, (19/8/2013), studi yang dilakukan oleh University of Michigan Comprehensive Cancer Center menyebut 1 dari 5 wanita berpotensi terserang kanker payudara.

Advertisement

Setiap tahun di seluruh dunia sekitar 1,2 juta orang mengidap kanker payudara, di antaranya 400.000 orang meninggal. Tingkat kematian setiap tahun terus meningkat hingga 3 persen.

Hal ini tentu memprihatinkan. Oleh karenanya beberapa hal perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya penyakit ganas ini. Berikut 8 langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencegah penyakit kanker payudara, seperti dilansir Times of India, Senin (2/9/2013):

Advertisement

Hal ini tentu memprihatinkan. Oleh karenanya beberapa hal perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya penyakit ganas ini. Berikut 8 langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencegah penyakit kanker payudara, seperti dilansir Times of India, Senin (2/9/2013):

1. Terus bergerak
Cara yang paling efektif untuk mencegah terjadinya kanker payudara adalah berolahraga teratur. Namun jika in tidak sempat dilakukan usahakan untuk tetap aktif bergerak.
Aktif akan mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker payudara. Aktif bergerak akan mengurangi jumlah sel-sel lemak yang bertanggung jawab untuk melepas hormon seperti estrogen dan testosteron, serta mendorong pertumbuhan tumor.

Advertisement

2. Menyusui
Semakin lama wanita menyusui semakin kecil peluangnya untuk terserang kanker payudara. Menyusui dapat menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan kanker dalam darah ibu. Setiap kali menyusui, tubuh membuang sel-sel rusak yang bisa berubah menjadi kanker.
Analisis statistik kanker yang dilakukan World Cancer Research Fund menemukan bahwa wanita yang menyusui selama setahun selama hidupnya 5 persen lebih rendah risikonya untuk terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak menyusui sama sekali.

3. Setop minum minuman keras dan alkohol

Bagaimanapun juga minuman keras dan alkohol selalu berdampak negatif pada tubuh. Salah satunya dapat memicu terjangkitnya kanker payudara. Jadi sebisa mungkin hindari minuman keras dan alkohol dan menggantinya dengan minuman yang menyehatkan.

Advertisement

4. Jangan tidur larut malam
Sebuah studi menyebut wanita yang bekerja shift malam sebanyak 3 hari dalam seminggu selama sekitar 6 tahun atau lebih, memiliki risiko 2 kali lebih besar untuk terkena kanker payudara.
Istirahat malam dapat membuat tubuh segar kembali dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk terhindar dari risiko kanker payudara.
5. Batasi asupan kolesterol
Lemak dan kolesterol adalah musuh berbahaya bagi tubuh. Berbagai penyakit bisa muncul dari kelebihan kolesterol pada tubuh. Menurut Fred Hutchinson Cancer Research Center, jika memang sudah terlanjur berkolesterol tinggi dalam darah dan diberi obat statin (obat untuk menurunkan kadar kolesterol) selama lebih dari satu dekade berada pada risiko 2 kali lipat terkena kanker payudara.
Tak hanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, makanan berkolesterol tinggi juga dapat membuat seorang wanita berisiko terkena kanker payudara.6. Hindari makanan kemasan kaleng

Makanan yang mengandung bahan kimia perlu Anda hindari. Salah satunya makanan yang dikemas dalam kaleng. Menurut seorang ahli gizi, Conner Middelmann-Whitney, makanan olahan mengandung bahan kimia yang berperilaku seperti estrogen dan meningkatkan risiko kanker payudara.

Advertisement

7. Jangan panaskan makanan dalam wadah plastik

Hindari juga memanaskan makanan dalam wadah berplastik di dalam microwave.
Memanggang pada suhu tinggi atau menggoreng daging dapat memicu produksi akrilamida yang juga meningkatkan risiko kanker.

8. Perbanyak aktivitas di luar ruangan
Alam bisa membantu Anda untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Cahaya matahari alami merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh yang dapat menurunkan risiko kanker payudara.
Tes laboratorium menunjukkan bahwa sel-sel payudara dapat mengkonversi vitamin D menjadi hormon yang memiliki sifat anti-kanker.

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif