Lifestyle
Kamis, 3 Oktober 2013 - 01:40 WIB

Terbebas dari Insomnia, Ini Cara Mengatasinya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (yousaytoo,com)

Solopos.com, SOLO – Insomnia menjadi salah satu penyakit yang mudah menyerang saat beranjak remaja atau dewasa. Penyebab utamanya sangat beragam.

Menuru psikolog Colleen Carney dari Ryerson University di Kanada, pola tidur yang tidak konsisten menjadi kontributor paling besar dalam gejala insomnia.

Advertisement

Hal yang paling mudah untuk mengatasi Insomnia adalah dengan membuat Anda rileks dan menanggulangi stress. Namun hal ini kadang sulit dilakukan.

Berikut beberapa cara untuk menanggulangi insomnia, seperti dilansir dari WikiHow belum lama ini

Atur Pencahayaan
Kondisi pencahayaan terbaik adalah redup. Jangan tidur dalam kondisi kamar yang terlalu gelap atau terang, karena hal ini terbukti tidak menyehatkan. Gunakan lampu khusus dengan warna yang membuat Anda nyaman.

Advertisement

Perhatikan Suhu Ruangan
Atur suhu ruangan untuk membuat Anda nyaman. Usahakan tidak terlalu gerah atau dingin. Hal ini akan sangat membantu Anda agar tidak terganggu pada suhu udara sekitar.

Sebagian orang akan mengatur suhu kamar tidurnya dengan cukup dingin. Namun hal ini tidaklah menyehatkan. Cepat atau lambat Anda akan mengalami gangguan kesehatan.

Atur Tidur
Perhatikan posisi tidur dan kasur Anda. Gunakan bantal yang tidak terlalu tinggi atau rendah. Beberapa orang juga mengaku baru bisa tidur jika di sampingnya ada guling.

Advertisement

Hal yang tidak kalah penting adalah seberapa banyak barang dikamar Anda yang tidak membuat Anda nyaman. Singkirkan barang yang membuat kamar Anda sesak.

Latihan Pernapasan
Latihan pernapasan akan membantu Anda untuk rileks dan melepaskan stress. Semakin Anda terbiasa membuat diri Anda rileks, semakin mudah anda untuk mengatur alam bawah sadar.

Membayangkan Hal Menenangkan
Bayangkan suasana pantai yang tenang atau hal lain yang membuat Anda rileks. Sebab sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa membayangkan hal yang menenangkan bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Selain beberapa hal diatas, Anda juga harus mulai melirik beberapa kegiatan tambahan. Jika Anda sulit terlelap jangan terlalu banyak menonton televisi atau monitor computer. Mulailah menyibukkan diri dengan membaca buku di malam hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif