Teknologi
Kamis, 3 Oktober 2013 - 16:07 WIB

Ada Sikat Gigi Seharga Rp4,7 Juta, 6 Detik Langsung Cling!

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sikat gigi (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Sikat gigi seharga Rp4,7 juta! Anda mungkin tak percaya. Namu, tim dokter gigi dari Blizzident, Amerika Serikat berhasil menciptakan sikat gigi yang diklaim mampu membersihkan gigi secara menyeluruh hanya dalam waktu kurang dari enam detik.

Dengan kemampuan supernya itu, sikat gigi itu pun ditawarkan dengan harga mahal yakni mencapai Rp4,7 juta/buah. Dilansir nationalgeographic.co.id, Kamis (3/10/2013), produsen Blizzident menggunakan scan dokter gigi yang biasa dipakai untuk memasang kawat gigi serta sebuah printer 3D yang sangat akurat untuk membuat sikat gigi secara individual.

Advertisement

“Anda bisa menyikat gigi secara keseluruhan dalam waktu yang bersamaan. Karena itulah anda bisa menyikat gigi dengan sangat cepat,” kata juru bicara perusahaan itu.

Sikat gigi tersebut juga bisa membuat si pemakai membersihkan bagian gigi hingga yang paling sulit sekali pun. Setiap sikat mengandung kurang lebih 400 bulu lembut dan produsennya mengatakan sikat ini menghilangkan kesalahan menyikat gigi yang biasa dilakukan oleh masyarakat.

Sikat gigi perdana dengan teknologi ini diklaim bisa dipakai selama satu tahun dan harganya diperkirakan mencapai 299 euro atau sekitar Rp4,7 juta. Setelah itu, konsumen bisa membeli sikat gigi kedua mereka dengan harga yang lebih murah yaitu kurang dari 100 euro, kata perusahaan itu.

Advertisement

Meski penelitian telah usai namun para ahli mengatakan perlu penelitian lebih lanjut sebelum akhirnya produk ini dilepas ke pasar. Sikat gigi dengan bentuk konvensional telah lama dianggap cocok bagi kebanyakan orang tetapi sudah ada beberapa upaya untuk menemukan kembali desain lain.

Contoh terbaru desain sikat gigi “lain” ditemukan oleh seorang mantan mahasiswa New York School of Visual Arts. Dia terinspirasi ranting pembersih gigi tradisional, siwak, yang umum digunakan di Timur Tengah dan sebagian Asia. Tongkat siwak yang tumbuh dari pohon jenis Salvadora persica ini digunakan dengan menggigit bagian kecil tongkat pada setiap kali penggunaan.

Mengenai konsep sikat gigi Blizzident, Profesor Damien Walmsley, penasihat ilmiah untuk British Dental Association, mengatakan, keselamatan pemakai harus selalu menjadi perhatian utama.”Ini sesuatu yang luar biasa, pendekatan yang berbeda,” katanya, Rabu (2/10).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif