Soloraya
Jumat, 3 Mei 2024 - 13:31 WIB

45 Caleg Terpilih DPRD Solo Harus Segera Serahkan Laporan Harta Kekayaan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Komisioner KPU Solo meminta 45 caleg terpilih DPRD Solo periode 2024-2029 untuk segera menyerahkan LHKPN sebelum dilantik. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo menetapkan 45 Caleg terpilih DPRD Solo periode 2024-2029, Kamis (2/5/2024) sore.

Penetapan tersebut melalui Rapat Pleno yang dihadiri Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, jajaran Bawaslu Solo, dan perwakilan partai-partai politik (Parpol). PDIP menjadi partai memperoleh suara terbanyak dengan 20 kursi DPRD Solo.

Advertisement

Di posisi kedua ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tujuh kusi, lalu Partai Solidaritas Indonesia (PSI) lima kursi, Partai Gerindra lima kursi, Partai Golkar tiga kursi, PAN tiga kursi, dan PKB dua kursi. Tak ada mayoritas tunggal di parlemen.

Ketua KPU Solo, Bambang Christanto, mengatakan perwakilan pengurus parpol agar menyampaikan kepada para Caleg terpilih mereka, perihal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang harus dibuat dan diserahkan.

“Parpol tingkat kota, utamanya yang punya caleg terpilih agar disampaikan para caleg terpilih segera melaporkan LHKPN. Sesuai PKPU Nomor 6/2024 jika yang bersangkutan tak melaporkan LHKPN, yang bersangkutan tak dilantik,” ujar dia.

Advertisement

Hal itu, menurut Bambang, sesuai ketentuan yang diatur dalam Pasal 52 PKPU Nomor 6/2024. “Karena ada konsekuensinya seperti itu, mohon agar disampaikan kepada 45 Caleg terpilih untuk menyerahkan LHKPN,” kata dia.

Bambang menjelaskan pihaknya memberikan dokumen salinan hasil rapat pleno sore itu kepada perwakilan parpol. Salinan tersebut diserahkan KPU Solo kepada perwakilan parpol yang hadir dan mengikuti jalannya rapat sore itu.

Selain itu, KPU Solo mengirimkan soft file hasil rapat pleno penetapan perolehan kursi DPRD Solo dan Caleg terpilihnya. Sedangkan Gibran Rakabuming mengaku merasa lega rapat pleno KPU Solo berjalan dengan lancar dan tertib.

Advertisement

Dia juga mengaku sudah tidak sabar untuk bekerja sama dengan 45 Caleg terpilih DPRD Solo periode 2024-2029. “Kami dari Pemkot Solo sudah tidak sabar bekerja sama dengan para Caleg yang akan dilantik bulan Agustus,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif